CBD: RG Berkontribusi Nyata Turunkan Angka Kemiskinan di Gorontalo

CBD: RG Berkontribusi Nyata Turunkan Angka Kemiskinan di Gorontalo

GOSULUT.ID - Sejak awal mendapat mandat menjadi wakil rakyat di DPR RI, Rachmat Gobel langsung terjun langsung ke berbagai wilayah di Provinsi Gorontalo untuk melihat secara langsung dan mendapat informasi yang jelas kondisi masyarakat diberbagai daerah serta permasalahan yang dihadapi

"Saya ingin melihat secara dekat dan memotret langsung setiap permasalahan dan uneg-uneg yang disuarakan langsung oleh warga, baik itu terkait pertanian, perikanan dan kelautan, kesehatan, pendidikan, masalah pupuk dan benih serta berbagai hal yang selama ini dihadapi masyarakat," ungkapnya di setiap berbagai kesempatan.

Kunjungan yang secara rutin dilakukan hampir setiap bulannya ke gorontalo merupakan bukti penegasan rahmat gobel sebagai wakil rakyat yang ingin mendedikasikan dan mengabdikan dirinya untuk masyarakat dan negeri leluhurnya.

Berbekal potret dan data yang diperoleh bersama  tidak menunggu lama bagi mantan Menteri Perdagangan ini untuk bergerak cepat merumuskan langkah dan program kongkrit yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat diantaranya melalui mengsuport Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) melalui Program 10 ribu rumah untuk rakyat.

Staf Ahli Rachmat Gobel, Charles Budi Doku (CBD) menyampaikan, Rachmat Gobel sangat prihatin dan heran dengan kondisi Provinsi Gorontalo yang berpenduduk tidak sampai 1,5 juta jiwa tapi sekian tahun sangat sulit mengeluarkan dirinya dari predikat lima provinsi termiskin di Indonesia.

"Untuk itu Kaka Rahmat Gobel (RG) memperjuangkan alokasi rumah bagi masyarakat miskin lewat program 10 ribu rumah yang saat ini kurang lebih 5 ribu rumah telah terealisasi. Mengapa BSPS? karena dari 14 kriteria masyarakat miskin menurut standar BPS, 5 sampai 6 kriterianya adalah terkait perumahan, disinilah jelinya beliau (RG) yang sangat serius menyoroti kemiskinan di gorontalo," Jelas CBD, Sabtu (16/4/2022).

Dikatakan, rumah tidak layak huni (mahyani) di provinsi gorontalo berdasarkan data yang ada mencapai angka 50 ribu lebih, dengan kata lain program 10 ribu rumah yang telah dicanangkan oleh RG, artinya seperlima dari total mahyani yang dibutuhkan, saat ini tinggal menyisakan setengah lagi yang akan diwujudkan.

"Dengan demikian kaka RG telah berkontribusi nyata dalam menurunkan angka kemiskinan. Ini yang seharusnya patut disyukuri," Tegasnya.

Belum lagi lanjut CBD, program lainnya yang saat ini terus mengalir ke Kabupaten Kota sebagai salah satu upaya RG untuk mengintervensi kemiskinan.

"Seperti rumah lansia dan juga program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) dan telah terealisasi di hampir 10 kelurahan. Implikasi nyata dari program Kotaku yang bisa kita lihat sekarang adalah Pantai Tamendao yang saat ini telah menjadi obyek wisata baru di kota gorontalo," Tandas mantan Wakil Walikota yang terkenal dengan istilah dokternga rakyat gorontalo ini.