Camat Bolbar: Stop Pernikahan Usia Dini

Camat Bolbar: Stop Pernikahan Usia Dini

GOSULUT.ID – Team Safari Jum'at Kecamatan Bolangitang Barat (Bolbar) melakukan kunjungan di Masjid Al-Hidayah di Desa Ollot Induk, Kecamatan Bolangitang Barat, Jum'at (13/01/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kapolsek Bolangitang AKP DJunaidi Chandra Pulukadang, Sekcam Bolangitang Barat, Bagian Kesra, Keluarga Besar PBCNU Bolangitang Barat, penyuluh Agama Islam, Kades Ollot induk beserta Aparat desa dan Jamaah Masjid Al hidayah.

Dalam kegiatan tersebut, ada hal penting yang disampaikan oleh camat Kamil Pontoh terkait maraknya perkawinan usia dini di wilayah Bolangitang Barat.

"Ini menjadi PR bagi kami pemerintah, daya dan upaya apa untuk menghentikan perkawinan usia dini. Karena rata - rata pasangan suami isteri masih berusia 12 sampai 14 tahun," kata Camat Bolangitang Barat.

Sementara itu, Kepala KUA Bolangitang Barat Sardi Ticoalu mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah bekerja sama dengan pemerintah kecamatan, Pengadilan Agama, kepolisian, dua puskesmas dan penyuluh agama islam yang ada dikecamatan untuk melakukan sosialisasi dan bimbingan ke desa-desa terkait perkawinan usia dini.

"Disamping itu kami memberikan keringanan kepada masyarakat yang belum ada buku nikah dalam artian masih dalam status perkawinan siri, yaitu dengan cara melakukan sidang isbat di Pengadilan Agama. Namun kesemuanya itu harus dengan prosedur yang telah ditetapkan," tandasnya.***