Bupati Nelson Pomalingo Sambut Gubernur Ehime Jepang di PT. Royal Coconut

Bupati Nelson Pomalingo Sambut Gubernur Ehime Jepang di PT. Royal Coconut

GOSULUT.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo melalui Bupati Nelson Pomalingo menyambut kedatangan Gubernur Ehime, Jepang Tokihiro Nakamura di PT. Royal Coconut, Desa Ombulo, Kecamatan Limboto Barat, Kamis (19/01/2023).

Pada kesempatan itu, Bupati Nelson Pomalingo menyampaikan, Kabupaten Gorontalo (Kabgor) memiliki berbagai potensi yang bisa dikolaborasikan dengan Ehime Jepang.

“Secara pribadi saya punya sejarah Panjang dengan Ehime, karena 17 tahun lalu waktu itu ada pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, riset bahkan di UNG pernah kita buat pusat studi Jepang,” ujar Bupati Nelson Pomalingo.

Lebih lanjut, Nelson menerangkan, bahwa kedepan kerjasama tersebut dilakukan pada bidang pengembangan agro Industri.

"Jadi, tidak hanya kelapa tapi juga industri lain berupa pengembangan jagung selama ini hanya kita dorong untuk ekspor," terangnya.

Terakhir, Bupati dua periode itu menambahkan, Kerjasama yang bakal didorong adalah pengolahan limbah.

Ditempat yang sama, Gubernur Ehime Jepang Tokihiro Nakamura mengungkapkan rasa bangga kepada Bupati Nelson karena ternyata saat menjabat Rektor UNG sudah punya Kerjasama dengan pihak Ehime Jepang.

“Kunjungan saya ke Indonesia sudah empat kali, namun demikian baru pertama kali datang di Gorontalo. Sahabat baik saya Pak Rahmat Gobel sudah meminta kami untuk jalin kerjasama akan mengupgrade hubungan tersebut yang sudah terbangun, dan pada akhirnya sudah terjalin dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo," tutup Gubernur Ehime Jepang.***