Bupati Nelson Bergelirya Serahkan Bantuan Cadangan Beras Di Beberapa Desa Dan Kelurahan.

Bupati Nelson Bergelirya Serahkan Bantuan Cadangan Beras Di Beberapa Desa Dan Kelurahan.

Liputan Wartawan : Alwin Ibrahim

Editor : Nunu Tangguda

www.gosulut.id - Limboto -Sebelumnya Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo menyerahkan langsung Bantuan Cadangan Beras (BCB) 100 ton beras di empat kelurahan dan satu Desa masing-masing kelurahan Bolihuwanga, Bulota, Tilihuwa Kecamatan Limboto dan Talumelito Kecamatan Telaga Biru.

Dan Kini, giliran Kecamatan Limboto Barat yang mendapatkan penyaluran Bantuan Cadangan Beras, yakni Desa Tunggulo dan Desa Padengo, rabu (11/9).

Sebelum, menyerahkan secara simbolis bantuan cadangan beras, Bupati Nelson Pomalingo, mennyampaikan dari 12000 hektar lahan sawah di Kabupaten Gorontalo, 1000 hektar diantaranya terkena dampak kekeringan. Dengan melihat kondisi demikian, pemerintah Kabupaten Gorontalon bergerak cepat.

"Diantaranya menyalurkan bantuan cadangan beras (BCB) ke sejumlah kelurahan dan Desa,"ungkap Nelson Pomalingo.

Selanjutnya, kata Nelson Pomalingo, Ancaman kekeringan belakangan ini, berimbas pada petani dengan mengalami gagal panen.

" Karena kekeringan ini yang tidak bisa dihindari, meski begitu kita harus bersyukur, karena kurang lebih 1000 hektar sawah yang terdampak, dan sisanya 12000 hektar itu aman ". Ujarnya

Namun, untuk petani sawah yang gagal panen, orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo itu mengatakan, pemerintah telah mengambil langkah dengan menyerahkan bantuan cadangan beras.

" Kami berharap apa yang kami berikan ini, di terima dengan rasa syukur, walaupun ini tidak seberapa yang di terima. Dan kedepannya kami akan mengusulkan lagi 500 ton jika yang 100 ton awal ini belum mencukupi, dan menyaluran ini akan kami lakukan dengan baik ,". harap Sang Profesor

Lebih lanjut, Bupati Nelson akan membantu lewat penyerahan bibit bagi para petani yang mengalami gagal panen.

" Saya juga bersyukur, walaupun mengalami kekeringan namun masih ada beberapa petani yang berhasil.Dan bagi petani yang gagal, apakah petani padi maupun jagung akan di berikan bibit serta beberapa alat pertanian lainnya," Tandasnya.

Di beberapa titik yang mengalami kesulitan air bersih karena dampak kekeringan. Pemerintah menyalurkan air, sedangkan wilayah yang belum mendapatkan pendistribusian air. Bupati Nelson Pomalingo meminta Camat dan Kepala Desa segera melakukan komunikasi.

" Saat ini, juga bagi masyarakat yang kekurangan air kami pemerintah sementara mendistribusikan ke beberapa wilayah, dan untuk masyarakat yang belum mendapatkan pendistribusian air ini, mohon melalui Camat dan kepala Desa untuk melakukan komunikasi dengan kami lewat Instansi terkait ". Tukas Nelson

Dengan dampak kekeringan ini, Nelson menghimbau pada masyarakat untuk waspada bahaya kebakaran.

" Untuk masyarakat saya menghimbau agar tetap waspada untuk tidak melakukan pembakaran lahan, ataupun sembarang melempar puntung rokok dan lainnya sebagainya, agar tidak terjadi kebakaran seperti yang terjadi di beberapa titik, dan jikalau melihat titik api tolong untuk segera menghubungi pihak pemadam ". Himbau Nelson.***