Bupati Ingatkan Dandes Prioritas Pada Program Pembangunan

Bupati Ingatkan Dandes Prioritas Pada Program Pembangunan

GOSULUT.ID - GORUT

Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin menyampaikan dana desa (DD) tahun 2022 harus diprioritaskan pada empat hal. sebagaimana peraturan presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021.

Indra Yasin menyampaikan, kepada seluruh pemerintah desa di daerah itu, terlebih kepala desa agar mengelola Dandes dengan baik, agar terhindar dari jeratan hukum. 

"Ada 4 hal yang perlu dipahami oleh setiap pemerintah desa dalam pemanfaatan dana desa, yaitu pertama, program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa paling sedikit 40 % (empat puluh persen). Kedua, kata Indra program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20 % (dua puluh persen)," ungkap Bupati Indra Yasin, Jum"at (24/12/2021).

Kemudian yang ketiga, kata Indra dukungan pendanaan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) paling sedikit 8 % (delapan persen) dari alokasi Dana Desa setiap desa. Dan keempat, program sektor prioritas lainnya sebesar 32 % (tiga puluh dua persen). 

"Kiranya ini menjadi perhatian bersama dalam pelaksanaan program di tahun 2022, sambil menunggu petunjuk teknis yang mengatur pada regulasi lainnya," ujarnya.


Ia pun mengingatkan, agar setiap pemerintah desa untuk menghindari sebisa mungkin segala hal yang berpotensi berurusan dengan Aparat Penegak Hukum (APH). 

"Satu kuncinya supaya kita aman yaitu, bekerja sesuai regulasi dan tertibkan seluruh administrasi yang ada di Desa," tandasnya.(***)