Bupati Indra Yasin : Targetkan 2022 Jamban di Gorut Capai 100 %

Bupati Indra Yasin : Targetkan 2022 Jamban di Gorut Capai 100 %

GORUT (GS) - Bupati Gorontao Utara (Gorut) Indra Yasin, menargetkan jamban keluarag di Gorut capai 100 persen ditahun 2022 mendatang. Sebagaimana telah diketahui realisasi pelaksanaan jamban keluarga sampai dengan tahun ini masih berada pada angka 80 %.

Hal itu disampaikan Bupati Indra Yasin, saat membuka rapat koordinasi lintas sektor, khusus membahas persiapan lokus stunting 2022 dalam pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting, tingkat kabupaten Gorut, di Aula Hotel Grand'Q Kota Goronao, Selasa (27/04/2021).

"Karena jamban ini salah satu upaya untuk menekan angka stunting kita di Gorut, melalui upaya penyediaan jamban keluarga. Sempat kita mengalami penurunan tinggal 10 persen, akan tetapi setelah dilakukan pengecekkan kembali di lapangan, ternyata bertambah lagi menjadi 18 persen angka stunting kita di Gorut," ungkap Bupati Indra  Yasin. 

Ia mengatakan dengan target itu maka tentu semua pihak mendukung program tersebut. Menurutnya langkah ini merupakan cara strategis pemerintah daerah yang menjadi salah satu faktor pendukung untuk menurunkan angka stunting di Gorut.

"Sehingga salah satu langkah yang sudah dilakukan antara lain penyediaan jamban keluarga, disetiap rumah warga. 
Karena masih ada 20 persen pelaksanaanya, dan kita targetkan 2022 capai 100 persen. Apalagi masalah stunting merupakan satu masalah yang dihadapi tidak hanya ditingkat nasional tetapi juga di tingkat Internasional. Sehingga ini membutuhkan perhatian kita semua," ujarnya.

Iapun berharap, kedepan sisa target 20 persen ini dapat rampung ditahun 2022 mendatang. Maka dari itu perlu ada rumusan - rumusan yang menjadi dasar dalam merealisasikan pemenuhan jamban dalam menekan angka stantung 
di Gorut.

"Karena Gorut sampai dengan saat ini terus berupaya mencari dan melakukan langkah - langkah terbaik untuk menurunkan kembali angka stunting. Salah satunya langkah yang sudah dilakukan antara lain penyediaan jamban keluarga, disetiap rumah warga. Insya Allah target itu bisa kita capai," tutup Indra Yasin.***