Bupati Indra Yasin: Pengeluaran Sertifikat Tanah Harus Jelas !

Bupati Indra Yasin: Pengeluaran Sertifikat Tanah Harus Jelas !

GORUT - GOSULUT.ID

Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin memimpin sidang Panitia Pertimbangan Landreform (PPL) tahap III bertempat di Gedung Gerbang Emas Gorontalo Utara, Senin (11/10/2021).

"Hari ini saya memimpin langsung sidang PPL tahap III yaitu dalam hal kepemilikan masalah lahan tanah," ungkap Bupati Indra Yasin.

Indra menjelaskan, bahwa ada kurang lebih 608 kapling untuk dikeluarkan sertifikat dengan 478 kepemilikan.

"Nah, hari ini itu akan diteliti apakah benar yang 478 itu dari 478 itu dari 11 Kecamatan dan 20 Desa pemilik sebenarnya dan obyeknya juga ada, jangan sampai sudah dikeluarkannya sertifikat tapi tanah tersebut bukan miliknya dan itu yang diteliti hari ini," jelasnya.

Ia pun menambahkan, jangan sampai yang pemohon bukan pemilik, maka itu akan dilakukan penelitian dilapangan oleh petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan tentu dibantu oleh Camat dan Kepala Desa (Kades).

"Maka harus mereka teliti apakah dalam kepemilikan tanah itu tidak ada dobel kepemilikan. Misalnya, tanah milik saya tetapi ada pohon kelapanya orang lain. Jadi seperti inilah yang sering bermasalah, makanya perlu diselesaikan sebelum keluarnya sertifikat," terangnya.

Bupati Gorut menegaskan, jika masih terdapat tanah yang masih bersengketa maka sertifikat tersebut tidak bisa dikeluarkan.  

"Makanya saya tekankan tadi ke Kades tidak boleh semudah itu untuk mengeluarkan kepemilikan hak atas tanah, dia harus teliti dulu siapa yang punya dan apakah benar dia pemiliknya, kedua benar kah tanah itu miliknya jangan sampai tanah itu milik orang lain yang dia suruh sertifikatkan dan itu akan bermasalah dikemudian hari," tutupnya.(MA)