Bupati Gorut: Ketersediaan Jaringan Internet di Desa Wujudkan Kemandirian Masyarakat

Bupati Gorut: Ketersediaan Jaringan Internet di Desa Wujudkan Kemandirian Masyarakat

GORUT (GS) - Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin mengatakan, ketersediaan jaringan internet dimasing - masing desa merupakan salah satu untuj mewujudkan kemandirian masyarakat dan kedaulatan desa.

Hal tersebut disampaikan pada kegiatan sosialisasi Internet Desa oleh PT. Graha Anugrah Sejahterah, di halaman kantor Dinas Komukasi dan Informatika (Kominfo) Gorut, Kamis (24/06/2021).

"Tentunya dengan program internet desa dan desa digital ini dapat mewujudkan kemandirian dan kedaulatan masyarakat di desa. Sehingga melalui upaya ini untuk merubah sistem penyelenggaraan yang bersifat manual menjadi sistem digital, yang dilaksanakan secara mandiri menjadi sistem terintegrasi," ungkap Indra Yasin.

Selain itu kata Idnra, ketersediaan jaringan internet menjadi faktor penting membangun ekosistem digital. Maka dari itu menuju desa digital ini tentu salah satu upaya dan bentuk perhatian pemerintah untuk mendukung akses penyelenggarakan pemerintahan dan kemasyarakatan berbasis digital.

"Nah, jika semua desa sudah terjangkau dengan internet, maka ini satu cara mempermudah transformasi informasi baik itu mulai dari ekonomi, politik, budaya sosial, pertanian sehingga akses dari masyarakat dimasing - masing desa tidak lagi tertinggal," ujarnya.

Iapun berharap, dengan sosialisasi ini akan terbangun pemahaman dan dukungan dari semua aparatur pemerintahan, baik yang ada ditingkat kabupaten hingga sampai ditingkat desa, dalam memberikan layananan masyarakat yang lebih cepat dan prima.

"Saya yakin dan percaya bahwa dengan ketersediaan internet di desa ini, akan mewujudkan desa digital. Nah, sehingga layanan publik dimasing - masing desa juga dapat menjadi lebih efektif, dan efisien," tandasnya.(***)