Bukit Arang Desa Lonuo, Masuk 50 Destinasi Terbaik ADWI 2022

Bukit Arang Desa Lonuo, Masuk 50 Destinasi Terbaik ADWI 2022

GOSULUT.ID - Objek wisata Bukit Arang di Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, masuk dalam 50 destinasi terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022. Total 3.500 desa di seluruh Indonesia mengikuti ADWI tahun ini.

Kadis Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili mengatakan, dari 3.500 desa itu, Bukit Arang Lonuo lolos ke tahap awal 500 besar. Kemudian dinilai lagi untuk 300, 100, hingga 50 besar, hingga saat ini Lonuo menjadi satu-satunya wakil Gorontalo yang bertahan dari 13 desa yang diikutkan. 

"50 desa inilah yang dikunjungi langsung oleh Pak Menteri sekaligus penilaian di mana untuk Lonuo dipimpin langsung oleh ketua tim juri ADWI Prof. Azril,” tuturnya, Rabu (13/7/2022). 

Rifli menjelaskan, penilaian ADWI meliputi tujuh kategori yang meliputi daya tarik wisata, homestay, toilet, suvenir, digital dan kreatif, kelembagaan, serta CHSE.

Daya tarik wisata berupa atraksi yang dapat dinikmati oleh setiap wisatawan berupa wisata alam, budaya, maupun wisata buatan. 

Penilaian untuk suvenir meliputi kuliner, fashion, serta kriya atau kerajinan. Sedangkan CHSE penilaian untuk cleanliness atau kebersihan, Health atau kesehatan, safety atau keselamatan, serta environmental sustainability atau lingkungan.

“Itu semua yang akan dinilai oleh tim juri. Peluang terbesar Bukit Arang Lonuo ada pada kategori daya tarik wisata dengan atraksi paralayang. Atraksi lainnya berupa camping ground, hiking, sepeda gunung, dan sepeda gantung,” papar Rifli.

Sementara itu saat visitasinya ke Desa Lonuo, Menparekraf mengaku kagum dengan destinasi wisata Bukit Arang yang berada pada ketinggian 347 meter di atas permukaan laut itu. Sandiaga yakin dan optimis, Bukit Arang akan menjadi destinasi wisata berskala nasional bahkan internasional.

“Pemandangan di Bukit Arang ini apik banget, fantastik dan sangat ikonik,” pungkasnya. ***