BNNK Bone Bolango Release Progres Program Dan Kegiatan Tahun 2021

BNNK Bone Bolango Release Progres Program Dan Kegiatan Tahun 2021

GOSULUT.ID - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone bolango merelease progres program dan kegiatan yang di laksanakan selama tahun 2021 di hadapan para awak media, Jumat (24/12/2021).

Kepala BNNK Bone Bolango Rakhma Hubu, S.Pd., MH, menguraikan progam yang dilaksanakan dibidang pencegahan ada dua yaitu pembentukan Remaja Teman Sebaya dan Ketahanan Keluarga Anti Narkoba.

Pembentukan Remaja Teman Sebaya bertujuan membentuk lingkaran remaja teman sebaya yang saling mendukung dan memiliki ketahanan tinggi dalam tiga aspek (self-regulation, assertiveness, dan reaching out). 

"Target tahun 2021 adalah 10 remaja dapat ditingkatkan ketahanan dirinya melalui 10 kali pertemuan. Target ini berhasil terpenuhi, ini kita laksanakan di SMA I Kabila," Tuturnya.

Kemudian, Ketahanan Keluarga Anti Narkoba yang bertujuan meningkatkan ketahanan keluarga (Ayah, ibu, dan anak) dalam membentengi diri dari penyalahgunaan narkoba melalui kemampuan berkomunikasi, mengenali stres dan parenting skill. 

"Target 5 keluarga dalam empat sesi pertemuan. Target ini berhasil di laksanakan," Sambungnya.m

Rakhma melanjutkan, pada bidang Pemberdayaan Masyarakat, BNNK Bone Bolango melaksanakan satu Program Nasional, yaitu: Pembentukan Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba. Program ini meliputi beberapa rangkaian kegiatan berupa Rapat Koordinasi, Rapat Kerja, Bimbingan Teknis, Tes Urine dan Pembentukan Kelurahan/Desa Bersinar. 

"Tahun ini BNNK Bone Bolango membentuk satu Kelurahan Bersinar yaitu Kelurahan Pauwo dan satu Desa Bersinar yaitu Desa Huntu Selatan," Imbuhnya.

Ia melanjutkan, di bidang Rehabilitasi, melaksanakan satu Program Nasional, yaitu: Intervensi Berbasis Masyarakat. Program ini meliputi beberapa rangkaian kegiatan berupa pembentukan dan fasilitasi Agen Pemulihan yang diharapkan mampu melakukan intervensi, rehabilitasi, dan pascarehabilitasi secara mandiri di lingkungan masyarakat. 

"Kami telah membentuk IBM Teratai di Kelurahan Pauwo dan IBM Anggrek di Desa Huntu Selatan," Ungkapnya.

Pada program pendukung adalah mengsosialisasikan atau melakukan penyebaran informasi melalui media sosial seperti, Instagram, Facebook, twitter dan youtube. Melakukan hubungan kerjasama dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama PT. Harvest Gorontalo Indonesia.

"Termasuk melakukan beberapa kegiatan seperti sosialisasi, Rapat koordinasi, asistensi, dan bimbingan teknis," ucap Rakhma.

BNNK Bone bolango selain memanfaatkan media sosial turut menggandeng media-media yang ada baik, media elektronik, media cetak, melalui baliho dan spanduk serta kegiatan tatap muka.

Melakukan layanan rehabilitasi salah satunya rawat jalan terhadap 28 pasien yang didominasi anak remaja.

"Giat dan layanan lainnya juga kami laksanakan yakni, tes urine, intervensi ketahanan keluarga berbasis sumber daya desa, workshop penggiat anti narkoba, Bimtek penggiat anti narkoba, workshop untuk penegak hukum, konsolidasi kebijakan kota tanggap ancaman narkoba, serta monitoring dan evaluasi," Tandas Rakhma.