BI Gorontalo: UMKM Berperan Sebagai Bantalan Perekonomian Daerah

BI Gorontalo: UMKM Berperan Sebagai Bantalan Perekonomian Daerah

GOSULUT.ID - Hingga hari ini Gorontalo sedang menghadapi perlambatan pemulihan ekonomi dimana pertumbuhan yang melambat pada triwulan I 2022, sebesar 3,17% (yoy) dengan tingkat kemiskinan sebesar 15,41% yaitu tertinggi nomor 6 secara nasional, turun tipis dari periode sebelumnya yang mencapai 15,61%.

"Dengan kondisi makroekonomi ini UMKM Gorontalo dinilai dapat berperan sebagai bantalan perekonomian daerah," ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Rony Widijarto Purubaskoro pada Opening Ceremony Hulonthalo Art and Craft Festival (HACF) bertempat di Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo, Rabu (13/7/2022).

Lebih lanjut dikatakan, dengan keberadaan dan peran UMKM ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menurunkan tingkat kemiskinan dan mempercepat perputaran siklus ekonomi di Bumi Serambi Madinah ini. 

"Oleh karena itu, peningkatan daya saing UMKM harus didorong berbagai hal seperti pembiayaan yang berkualitas dan program-program pengembangan UMKM yang kreatif dan inovatif," imbuh Rony.

Sebagaimana diketahui Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Gorontalo bersinergi membuka acara Hulonthalo Art and Craft Festival “Digitalisasi UMKM Mendukung Gorontalo Bangkit – Go Digital Go Global” yang berlangsung dari tanggal 13 hinga15 Juli tahun 2022.

Opening Ceremony HACF dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti dan Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer.

HACF Festival bertujuan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo dan meningkatkan semangat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Festival ini merupakan event strategic flagship pengembangan UMKM yang mendukung industri kreatif baik fashion, kerajinan dan olahan-olahan pangan yang memiliki nilai tambah tinggi dan berpotensi ekspor dengan kekhususan value dan keunikan produk karena mengandung nilai budaya dan unsur heritage. 

Pada pelaksanaan HACF 2022, Bank Indonesia Gorontalo berkolaborasi dan bersinergi bersama Dinas Pariwisata Provinsi, Diskumperindag Provinsi, Dekranasda Provinsi, Pemerintah Kota Gorontalo, NSLIC, Kadin dan Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Teknik UNG untuk menghadirkan serangkaian kegiatan seperti: showcasing produk unggulan UMKM, business matching pembiayaan dan penjualan, capacity building UMKM, Seminar Nasional, fasilitasi QRIS, perlombaan bertema pariwisata dan ekonomi kreatif, Edukasi QRIS dan Cinta Bangga Paham Rupiah serta, serta hiburan stand-up comedy dari komika papan atas Indonesia.

Adapun total UMKM binaan atau mitra Kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo yang mengikuti showcase festival ini berjumlah 44 jenis