BI Gorontalo Paparkan Prospek Ekonomi Gorontalo Dihadapan Prefecture Ehime

BI Gorontalo Paparkan Prospek Ekonomi Gorontalo Dihadapan Prefecture Ehime

GOSULUT.ID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Gorontalo bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dan Pemerintah Provinsi Gorontalo menerima kunjungan dari Pemerintah Prefektur Ehime, Jepang di Kantor Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, dalam rangka silaturahmi antar pemerintah daerah lintas negara dan promosi perdagangan, Kamis (19/01/2023).

Kegiatan ini bertajuk Gorontalo Micro, Small & Medium Enterprise Trade Promotion 2023 with Prefecture Ehime, Japan dan dihadiri oleh Gubernur dan rombongan delegasi Prefektur Ehime serta Forkopimda Provinsi Gorontalo.

Kepala KPwBI Gorontalo, Dian Nugraha menyampaikan, kinerja Lapangan Usaha (LU) pertanian termasuk di dalamnya perikanan khususnya jagung, beras termasuk beras organik, kelapa, dan tuna merupakan sektor utama yang menopang pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo. 

"Selain itu, nilai ekspor Provinsi Gorontalo tahun 2022 hingga bulan Oktober telah mencapai angka 25,8 juta USD, dengan komoditas utama seperti tuna, olahan kelapa, jagung, ekstraksi gula dan ragi," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, selama ini Gorontalo dan Jepang menjalin kerjasama dalam bidang perdagangan dimana Jepang menjadi tujuan ekspor tuna dengan nilai transaksi sejak tahun 2018 sampai Juni 2021 mencapai 770 ribu USD. Namun Covid-19 yang merebak membuat aktivitas ekspor tuna ke Jepang mengalami penurunan sejak tahun 2021.

 “Kiranya, hari ini dapat menjadi langkah yang tepat untuk memulai kembali ekspor tuna ke Jepang," harapnya.

Sementara itu Gubernur Prefektur Ehime Tokihiro Nakamura menuturkan, prospek terkait profil Prefektur Ehime mulai dari topografi, pariwisata, industri manufaktur, pertanian hingga pembudidayaan ikan dan mutiara di laut serta potensi kerjasama yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Prefektur Ehime dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Melalui kerja sama ini saya sangat berharap terjalin kemitraan yang baik antara kita dan saya juga menunggu kedatangan (di Prefektur Ehime) bapak dan ibu sekalian," imbuh dia.

Ditempat sama Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer berharap kerjasama yang tercipta antara Provinsi Gorontalo dan Perfektur Ehime tidak hanya dalam bidang ekonomi, namun juga di bidang lingkungan, pembangunan dan lain-lain.

Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel pun mengamini pernyataan Penjagub Gubernur Provinsi Gorontalo. Ia juga berharap pemerintah Perfektur Ehime dapat mempromosikan Provinsi Gorontalo kepada Masyarakat Jepang, khususnya masyarakat Ehime.

 “Kami berharap kunjungan wisatawan asing ke Gorontalo dapat bertambah dengan adanya kerjasama yang terjalin dengan Perfektur Ehime” ungkap beliau.

Dalam acara yang ditujukan untuk promosi perdagangan ini juga sekaligus dilaksanakan penandatangan Memorandum Saling Pengertian (MSP) antara pemerintah Provinsi Gorontalo dan pemerintah Perfektur Ehime. Kerja sama dalam MSP ini akan fokus dalam empat bidang yaitu manajemen lingkungan, pembangunan ekonomi dan industri, pertanian dan kehutanan, serta pendidikan dan pelatihan. 

Sebagai bentuk komitmen mengeratkan hubungan, pemerintah Perfektur Ehime menyerahkan secara simbolis hibah empat mobil ambulance layak pakai untuk mendukung tim medis pemerintah Provinsi Gorontalo dalam upaya mengurangi dampak bencana alam. Terakhir, acara ditutup dengan parade fashion show sulaman karawo.