Benarkah Galian C Bandara Pohuwato Tidak Memiliki Ijin?

Benarkah Galian C Bandara Pohuwato Tidak Memiliki Ijin?

GOSULUT.ID - POHUWATO

Ilham Bobihoe Tokoh Pemuda Randangan  meminta aparat penegak hukum Polres Pohuwato  periksa perizinan pekerjaan Bandara Udara Pohuwato terkait Galian C yang terletak di Desa Patuhu Kecamatan Randangan, Selasa (18/12/2021).

Apalagi Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 10 Juni 2020 telah menandatangani Undang - Undang No. 3 Tahun 2020 tentang Perubahan UU No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Maka, UU Minerba yang baru No 3 tahun 2020 telah memberikan kepastian hukum dan investasi, baik bagi pemegang IUP, IUPK serta KK dan PKP2B.

Karena kewenangan pengelolaan minerba yang sebelumnya didelegasikan oleh pemerintah pusat ke pemerintah daerah, di dalam UU Minerba baru kewenangan berada ditangan pemerintah pusat. UU No.3/2020 menetapkan sumber daya mineral dan batubara adalah kekayaan nasional oleh karena itu pengelolaannya dibawah kendali pemerintah pusat, dilansir pada APBI ICMA.

Untuk itu, Ilham Bobihoe mengatakan, diduga Galian C  proyek Bandara Udara Pohuwato, perizinanya tidak sesuai perintah Undang Undang no.3 tahun 2020 tentang minerba.

"Guna memastikan semua itu, saya sebagai warga masyarakat yang peduli hukum, mempercayakan hal ini kepada Polres Pohuwato selaku penegak hukum yang berada di daerah. Dan bila terdapat pelanggaran hukum di dalamnya, maka harus di hukum sesuai ketentuan hukum yang berlaku," kata Ilham Bobihoe.

Secara terpisah, salah satu pengawas proyek Bandara Udara Pohuwato yang sering di sapa TIKA mengungkapkan, memang benar bahwa Galian C tersebut belum memiliki izin, Tapi, hanya rekomendasi bupati saja.

Sementara itu pihak Cv Anak Koda Gantele waktu dimintai tangapannya melalui line telpon,  belum memberikan keterangan.