Bayar Retribusi Dengan QRIS, Pasar Kamis Tapa Jadi Percontohan

Bayar Retribusi Dengan QRIS, Pasar Kamis Tapa Jadi Percontohan

GOSULUT.ID - Untuk meningkatkan kemudahan dan akuntabilitas pembayaran retribusi pasar melalui kanal pembayaran QRIS, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo menyelenggarakan kegiatan Partisipasi Edukasi Publik (PEP) kepada pedagang Pasar Kamis Tapa, Kamis (27/05/2021).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Bone Bolango dan diselenggarakan di tengah kegiatan jual beli masyarakat di Pasar Kamis Tapa dan dihadiri oleh 50 pedagang pilihan yang dinilai siap untuk didaftarkan QRIS-nya, dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan.

Program PEP yang rutin diselenggarakan tiap tahun mengangkat edukasi kebijakan bank sentral kepada masyarakat. Pada tahun 2021, kegiatan PEP akan berfokus pada kebermanfaatan menggunakan kanal pembayaran QRIS dengan tujuan meningkatkan pemahaman terhadap QRIS dan juga meningkatkan jumlah penggunaannya dari segi Supply dan Demand pelaku ekonomi di Provinsi Gorontalo. 

Sasaran peserta untuk kegiatan ini adalah untuk Pasar Tradisional dengan harapan pasar tradisional dapat menjadi pioneer ekosistem pembayaran nontunai. Tema unik dari kegiatan ini adalah mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango dalam meningkatkan kemudahan dan akuntabilitas pembayaran retribusi pasar melalui kanal pembayaran QRIS dengan menjadikan Pasar Kamis Tapa sebagai pasar percontohan. Selain sesi sosialisasi, 50 pedagang yang hadir juga difasiliasi pendaftaran QRISnya agar dapat segera melakukan implementasi.

Miftahul Huda selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia menjelaskan bahwa Bank Indonesia secara konsisten terus mengajarkan kemudahan menggunakan QRIS kepada masyarakat. 

“Kehidupan kita sudah tidak dapat lepas lagi dari gadget. Sekarang pembayaran pun dapat dengan mudah dilakukan menggunakan gadget seperti handphone yang hampir setiap saat kita pegang. Dengan melakukan pembayaran melalui gadget kita menggunakan QRIS, bapak dan ibu sekalian dapat merasakan 5 manfaatnya yang disingkat “CeMuMuAH”," ungkapnya.

Ia melanjutkan manfaat menggunakan QRIS, pertama adalah lebih Cepat, tanpa perlu adanya perhitungan dan penyiapan uang kembalian kepada pelanggan. Kedua, melakukan pembayaran dengan mudah, yaitu cukup dengan melakukan scan dari aplikasi handphone. Ketiga, murah karena saat ini tidak dikenakan biaya transaksi apapun. Keempat, Aman karena dapat mengurangi risiko penularan COVID-19 dari pertukaran uang. 

"Dan yang kelima adalah handal, yaitu bapak dan ibu dapat melakukan pengecekan atas transaksi yang dilakukan karena ada riwayatnya yang dapat dilihat kapanpun," pungkas Miftahul.