Bapemperda Deprov Gorontalo Pacu Penyelesaian 12 Ranperda

Bapemperda Deprov Gorontalo Pacu Penyelesaian 12 Ranperda

GOSULUT.ID - Bapemperda DPRD Provinsi Gorontalo menargetkan tahun 2022 ini akan menyelesaikan 12 Ranperda yang merupakan komulatif dari 5 usul inisiatif DPRD dan 7 dari pemerintah provinsi gorontalo.

"Kami berupaya tahun ini seluruhnya bisa selesai sesuai dengan program yang sudah ditentukan, agar tidak ada lagi luncuran-luncuran perda di tahun berikutnya" Ujarnya usai menggelar Rapat Kerja (Raker) Bapemperda dan Biro Hukum Pemprov Gorontalo, Senin (10/1/2022).

Lanjut dia, pada masa sidang ini akan menyelesaikan 2 perda yang akan diagendakan pembicaraan tingkat II yaitu, Perda terkait barang milik daerah dan reposisi OPD

Dikatakan, terkait ranperda yang tidak selesai pada tahun sebelumnya, Bapemperda akan mengkonsultasikan kembali dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Diantaranya, ranperda terkait pekerja seni, perlindungan tenaga kesehatan, dan lalu lintas ternak, kemudian ranperda minuman beralkohol yang merupakan usul dari pemerintah provinsi dan telah diagendakan untuk kami konsultasikan ke Kemendagri," Sambungnya.

Adnan menambahkan, untuk sosialisasi produk-produk hukum daerah ke masyarakat, saat ini sudah bisa mengakses melalui website yang telah disiapkan oleh pemerintah provinsi gorontalo.

"Jadi publik bisa langsung mengakses website http://jdihp.gorontaloprov.go.id, sehingga bisa mengetahui produk-produk hukum yang ada, dari sejak provinsi gorontalo dilahirkan sampai dengan sekarang, peraturan gubernur, surat-surat keputusan (sk) agar kita tahu regulasi-regulasi yang ada," Jelasnya.

Raker bapemperda bersama biro hukum tersebut turut membahas soal e-perda, sebagai fasilitas dalam memudahkan bagi kabupaten kota dalam penyusunan perda yang berkoordinasi dengan pemprov gorontalo.

"Kami juga sepakat terus membangun komunikasi dan kolabirasi, jadi disamping menjalankan fungsi pengawasan dan budgeting, kami juga berharap regulasi produk-produk hukum nanti yang akan diterbitkan Bapemperda, birohukum, DPRD dan Pemerintah Provinsi gorontalo akan lebih baik ke depan," Tandas Adnan.