Bangun Ekosistem Terorkestra, Rahmat Gobel Komitmen Bangkitkan Kemandirian Petani Gorontalo

Bangun Ekosistem Terorkestra, Rahmat Gobel Komitmen Bangkitkan Kemandirian Petani Gorontalo

GOSULUT.ID - Wakil Ketua DPR RI, Rahmat Gobel berkomitmen kepada masyarakat Gorontalo khususnya para petani untuk mendorong dan meningkatkan produktifitas pertanian dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait.

"Saya berkomitmen akan membangun kemandirian petani di gorontalo dengan ekosistem yang terorkestra dari hasil semula hanya 4 ton, bisa meningkat 10 ton setiap hektarnya melalui aplikasi agro solution," ungkapnya, Selasa (23/03/2021).

Aleg dari Partai Nasdem begitu tiba dari Jakarta langsung menghadiri kegiatan penandatanganan Mou Koperasi Jaya Usaha Bersama dengan Pupuk Kaltim, Pupuk Petrokimia Gresik, JAPFA, BNI dan Bank Mandiri di Desa Pangadaa Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo melalui Program peningkatan produktifitas pertanian melalui aplikasi agro solution tanaman padi sawah dengan dukungan KUR Sektor pertanian.

Rahmat mengatakan, program akan juga dilaksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan akan diamatinya selama setahun. Untuk itu ia meminta para petani bisa masuk menjadi anggota koperasi.

"Tentu untuk membangun sistem ini, saya berharap bapak dan ibu petani bisa menjadi anggota koperasi, salah satunya agar tidak pusing dengan bibit dan pupuk serta tidak khawatir ketika harga jatuh," imbuhnya.

Ia menegaskan, komitmennya ini sebagai bukti kepada masyarakat yang telah memberikan amanah sebagai anggota DPR RI dan dipercaya oleh partainya sebagai salah pimpinan di DPR RI.

"Terhitung sudah 18 kali ini saya ke Gorontalo, jadi hampir setiap bulannya saya datang, saya ingin membuktikan apa yg janjikan waktu kampanye tidak hanya mencari suara Tapi bagaimana saya bisa berbuat untuk daerah tercinta ini," terangnya.

Sekretaris Dirjen PSP Kementrian Pertanian RI, Gunawan, mengatakan sektor pertanian menjadi prioritas utama pemerintah untuk menjadi sektor pemulihan ekonomi nasional dimasa pandemi ini. Untuk kedepan pihaknya siap memberikan bantuan dalam pengadaan pupuk bagi pertanian di Gorontalo.

“Kedepannya kami siap memberikan dukungan dan bantuan sarana prasarana dalam pengadaan pupuk bagi pertanian di Gorontalo”, ujar Gunawan.

Sementara itu, Perwakilan Pupuk Indonesia Suprioto, mengatakan Pupuk Indonesia telah bertransformasi dan berusaha mendekatkan diri kepada petani petani di Indonesia dengan melakukan kemitraan agro solution. 

"Tujuannya memberikan pendampingan kepada petani, melalui bimbingan teknis hingga penyediaan pupuk.

Ditambahkan, Pupuk Indonesia telah bertransformasi dan berusaha mendekatkan diri dengan petani melalui program Agro solution.

"Dengan melakukan pendampingan hingga penyediaan pupuk bagi petani," pungkasnya.