AW Thalib Warning Kelengkapan Administrasi Pembayaran Tanah PPLP

AW Thalib Warning Kelengkapan Administrasi Pembayaran Tanah PPLP

GOSULUT.ID -  Upaya DPRD Provinsi Gorontalo dalam mendukung dan memperjuangkan lokasi  Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi gorontalo kembali menjadi aset pemerintah akhirnya menemui titik terang.

Hal ini setelah beberapa kali Komisi I bidang Hukum dan Pemerintahan menggelar beberapa kali pertemuan dan rapat kerja dengan pihak terkait baik pewaris yang  berhasil memenangkan gugatan di Mahkamah Agung (MA) atas kepemilikan lahan dan OPD terkait.

Langkah ini untuk menyelamatkan gedung yang sudah dibangun dilokasi itu yang sebelumnya telah diputuskan oleh MA bahwa PPLP bukan lagi aset pemerintah provinsi gorontalo.

Saat ini baik pemilik lahan saat ini dan pemerintah provinsi Gorontalo telah menemui kesepakatan terkait pembayaran.

"Tanggal 30 juli kemarin telah dilakukan musyawarah melalui zoom meeting, dan telah sepakati jumlah yang akan dibayarkan kepada pemilik saat ini berjumlah Rp 2, 35 Miliar," kata Ketua Komisi I, AW Thalib saat mengunjungi gedung PPLP, Kamis (25/08/2021).

Namun demikian aleg PPP ini memberi warning kepada pemerintah provinsi gorontalo agar sebelum melakukan pembayaran harus memastikan terlebih dulu kelengkapan administrasi dimana saat ini sertifikat masih atas nama pemilik yang bersangkutan.

"Sertifikat yang sekarang ini harus dicabut dulu atau dibalik nama dari pemilik sebelumnya yang menjual," ujarnya.

Menurut mantan Sekda Kota Gorontalo, pencabutan ini sangat penting demi menjaga timbulnya masalah dan persoalan lain dikemudian hari.

"Kami (DPRD) berharap bahwa ini harus secepatnya diselesaikan. Agar kepemilikan tanah dan aset PPLP tersebut sesuai tahap prosedur yang ditentukan untuk pengadaan umum," tandasnya.