Atlet PON Gorontalo Jalani TC Dalam, Fikram: Agar Mereka Bisa Fokus

Atlet PON Gorontalo Jalani TC Dalam, Fikram: Agar Mereka Bisa Fokus

GOSULUT.ID - Dua bulan jelang pelaksanaan PON XX Papua 2-15 Okotober 2021, Koni Gorontalo menggelar Pemusatan Latihan Daerah atau Training Center (TC) dalam kepada pelatih dan 18 Atlet PON Gorontalo yang akan berlaga di 9 Cabang Olahraga. 

"Saat ini seluruh atlet, pelatih dan asisten pelatih mulai hari ini sampai dua bulan kedepan menjalani TC dalam, istilah lainnya kita karantina mereka agar bisa fokus menghadapi PON nanti," ungkap Ketua KONI Provinsi Gorontalo, H. Fikram AZ. Salilama kepada wartawan, Senin (2/7/2021).

Ditegaskan, selama menjalani pemusatan latihan daerah para atlet tidak boleh melakukan aktifitas diluar, berinteraksi dengan orang luar bahkan dengan keluarga.

"Ini sesuai ketentuan dan tata tertib bahwa bahwa bagi atlet, pelatih termasuk tim sukses tidak ada yang pulang selama dua bulan. Semua fasilitas telah kami siapkan mulai makanan, obat-obat juga Dokter agar mereka bisa fokus," tegas mantan Ketua DPRD Kota Gorontalo ini.

Lebih lanjut Fikram mengatakan, dengan adanya pandemi covid-19 dan pemberlakuan PPKM level 4 di kota Gorontalo, penggunaan fasilitas olahraga seperti Gelanggang remaja untuk saat ini hanya bisa digunakan oleh para atlet PON.

"Alhamdulillah Pemerintah Kota Gorontalo turut membantu para atlet dengan ditutupnya gelanggag remaja bagi masyarakat umum karena pemberlakuan PPKM level 4, sehingga atlet bisa konsen latihan" imbuhnya.

Anggota DPRD Provinsi Gorontalo ini menyampaikan, sesuai keputusan rapat KONI telah disepakati pemberlakuan sanksi bagi atlet dan pelatih yang melanggar aturan selama program TC dalam dilaksanakan.

"Bila ada yang melanggar tata tertib seperti minum minuman keras dan menggunakan obat terlarang maka kami akan beri sanksi sampai pencoretan. Karena ini bila dibiarkan nantinya saat berada disana (Papua) pasti akan berbuat hal yang sama, dan ini tentu bisa mengecewakan harapan masyarakat Gorontalo terhadap mereka. Tentu kita berharap para atlet dan pelatih selama bisa fokus menjalani TC dalam agar saat PON nanti bisa memberikan prestasi yang terbaik bahkan bisa mengharumkan nama Provinsi Gorontalo di bidang Olahraga," pungkas Fikram.