Apel Siaga Bawaslu Kota Gorontalo Sambut Tahapan Pemilu Tahun 2024

Apel Siaga Bawaslu Kota Gorontalo Sambut Tahapan Pemilu Tahun 2024

GOSULUT.ID - Menyambut dimulainya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Gorontalo menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu, Selasa (14/06/2022).

Hal ini sesuai dengan PKPU No 3 Tahun 2022, tahapan awal dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 yang telah dimulai secara serentak pada hari ini.

"Apel siaga menandai kami (Bawaslu) sudah memulai tahapan pengawasan terkait penyelenggaraan tahapan dimulai pada hari," Ungkap Ketua Bawaslu Kota Gorontalo, Lismawy Ibrahim.

Ia menyampaikan, tahapan-tahapan yang akan dilakukan oleh bawaslu adalah mengawasi jalan proses verifikasi dan penetapan partai politik (parpol) sebagai peserta pemilu.

"Pada tanggal 29 Juli nanti adalah tahapan pendaftaran dan verifikasi parpol sebagai peserta pemilu, apabila memenuhi syarat akan ditetapkan oleh KPU RI, dan kita akan persiapkan pengawasan terkait hal ini," jelasnya.

Lanjut Lismawy, dengan dimulainya tahapan ini diharapkan seluruh masyarakat kota Gorontalo untuk bersama-sama dengan Bawaslu melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu.

Ia juga menghimbau agar menolak terhadap hal-hal yang dapat mencederai demokrasi di kota Gorontalo seperti politik uang

"Ayo seluruh masyarakat bergandengan tangan bersama Bawaslu, mari kita jaga marwah dan integritas pelaksanaan pemilu tahun 2024, dengan slogan kami "Bawaslu Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu," Tandasnya.