"Antisipasi Lonjakan Covid 19", Gubernur Gorontalo Tinjau Tiga RS Provinsi Gorontalo

"Antisipasi Lonjakan Covid 19", Gubernur Gorontalo Tinjau Tiga RS Provinsi Gorontalo

GOSULUT.ID - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (RH) berharap pada semua elemen masyarakat untuk peduli terhadap bahaya covid-19, Senin (12/7/2021).

Ketegasan dan harapan Gubernur Gorontalo merupakan sebagai bentuk kecintaan dan melindungi masyarakat dari bahaya virus mematikan itu.

“Tujuan saya cuma satu, bagaimana rakyat terlindungi dari covid-19. Saya di-bully katanya tidak manusiawi lah dan sebagainya, tapi ini untuk melindungi nyawa masyarakat,” ujar RH.

Untuk itu, dalam meninjau kesiapan RS Aloei Saboe dan RS Otanaha, Gubernur Rusli Habibie didampingi Wali Kota Gorontalo Marten Taha. Guna melihat kedua RS tersebut, terkait kesiapan sebagai langkah antisipatif jika terjadi peningkatan pasien covid-19.

Menurut Wali Kota Marten Taha mengungkapkan, saat ini kondisi eksisting di rumah sakit Aloei Saboe ada kurang lebih 72 bed untuk pasien covid-19. BOR-nya (bed occupancy rate) sudah 67 persen. Maka pihaknya menyiapkan skenario penambahan dua gedung khusus untuk pasien covid-19. Gedung pertama bisa menampung 100 pasien, sementara gedung kedua menyulap rawat inap kelas III khusus untuk penanganan covid-19.

“Gedung pertama bisa 70 bed dan 30 bed jadi totalnya 100 bed. Gedung kelas III kira kira ada 60 bed,” ungkap Marten.

Dalam hasil tinjauan Gubernur Rusli Habibie pada dua rumah sakit itu, diketahui ada 44 pasien positif covid-19 yang dirawat di RS Aloei Saboe. Rinciannya 14 warga kota dan sisanya dari kabupaten lain. Dan di RS Otanaha, ada satu pasien covid-19.***