Anggaran Pilkada 2020 Bertambah

Anggaran Pilkada 2020 Bertambah

GOSULUT.ID - Akan ada penambahan anggaran untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 untuk mengakomodasi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Hal ini, kata Sekertaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Hadijah U. Tayeb telah dibahas oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Balitbang.

Lebih lanjut, Hadijah U. Tayeb menjelaskan, untuk dana tambahan itu nantinya bakal dipakai untuk keperluan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para petugas penyelenggara pemilu. 

" Dimana, pelaksanaan Pilkada akan lebih mengutamakan protokol kesehatan, " ujarnya Rabu (10/06/2020).

Hadijah, menerangkan untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

" Karena memang pelaksanaan Pilkada sekarang berbeda dengan tahun-tahun kemarin ". ucapnya usai mengikuti webiner menggunakan aplikasi zoom meeting.

Dirinya juga mengungkapkan, untuk para penyelenggara pemilihan umum pada Pilkada akan lebih pada memperhatikan protokol kesehatan.

"Kita akan lebih menitik beratkan pada keamanan penyelenggara karena sekarang ini dalam pandemi covid-19 sehingga protokoler kesehatan harus dikedepakan dalam pelaksanaan pilkada, "ungkap Hadijah.

Terakhir, Hadijah menuturkan, pemenuhan itu akan dilakukan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan memperhatikan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

" Anggaran yang akan dibahas mungkin melalui APBN untuk hal-hal yang ada hubungannya dengan covid seperti APD, rapid test dan sebagainya," tuturnya.***

Editor : Alwin Ibrahim