Akibat Curah Hujan Tinggi, Tiga Kecamatan di Pohuwato Terancam Banjir

Akibat Curah Hujan Tinggi, Tiga Kecamatan di Pohuwato Terancam Banjir

GOSULUT.ID - Hujan adalah faktor penyebab banjir, karena gravitasi membuat air tersebut mengalir dari dataran tinggi ke dataran rendah. Sehingga, curah hujan yang tinggi diperbukitan berpotensi mendatangkan banjir bandang. Oleh karena itu, tinggi air sungai dikaki perbukitan juga penting untuk dipantau. 

Curah hujan yang jatuh di Kabupaten Pohuwato tepatnya di Kecamatan Taluditi dan sekitarnya membuat volume air sungai randangan naik. Hal ini juga akan mengancam dua Kecamatan yang ada di bawahnya yakni Kecamatan Randangan dan Patilanggio.

Sesuai hasil pantaun awak media GOSULUT.ID, air sungai tersebut saat ini sudah naik dipermukaan dataran Randangan dan Patilanggio. Namun, untungnya arus air masih terhalang dengan tanggul.

Sujahtera Lamusu masyarakat Desa Ayula, Kecamatan Randangan mengungkapkan bahwa hal ini sering terjadi bila curah hujan bagian Taluditi jatuh berlebihan.

"Persoalan ini bukan baru kali ini saja terjadi, sudah berulang kali bila terjadi curah hujan tinggi. Khawatirnya tanggul bakalan putus dan tentunya banjir seperti tahun kemarin akan terulang lagi. Dimana Randangan dan Patilanggio terendam banjir akibat putusnya tanggul," ungkap Sujahtera, Kamis (14/07/2022).

"Tentu, ini akan menjadi persoalan kita semua yang harus ada solusinya. Baik masyarakat maupun Pemda," tutupnya.***