112 Tahun Ong Eng Die, Dispusip Kota Gorontalo: Mari Kenali Kembali Pemikiran Ekonomi Sang Tokoh Nasional

112 Tahun Ong Eng Die, Dispusip Kota Gorontalo: Mari Kenali Kembali Pemikiran Ekonomi  Sang Tokoh Nasional

GOSULUT.ID - Ong Eng Die, sedikit terdengar asing, terlebih dikalangan kaula muda. Kilas balik dan riwayat dari sang tokoh nasionalis ini, memang belum diketahui banyak orang.

Tepat 112 tahun lalu, pada tanggal 20 Juni 1910, seorang Tokoh Nasional dari Gorontalo Ong Eng Die (OED) dilahirkan. Beliau adalah sosok yang pernah menduduki beberapa posisi strategis dalam perjalanan Republik Indonesia (RI), terkhusus dibidang ekonomi, keuangan dan perbankan.

Bersamaan dengan itu, Pusat Studi Dokumentasi (PSD) HB Jassin yang juga bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, serta beberapa lembaga lainnya menyelenggarakan Memory Talk dan Expo Dokumentasi dalam rangka memperingati Hari Lahir Ong Eng Die yang ke-112, bertempat di Aula Dispusip Kota Gorontalo, Senin (20/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Gorontalo , yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dispusip Kota Gorontalo Sutarto, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terlaksananya Memory Talk dan Expo Dokumentasi Ong Eng Die tersebut.

"Kami dari Dispusip Kota Gorontalo, mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya Memory Talk dan Expo Dokumentasi yang dilakukan oleh teman-teman dari PSD HB Jassin, yang mengangkat 112 tahun Dr. Ong Eng Die, yang mana beliau adalah kelahiran Gorontalo tepatnya tanggal 20 Juni 1910," tutur Sutarto.

Peringatan hari lahir OED ini tambah Sutarto, diharapkan dapat menjadi momentum dan spirit untuk kembali melakukan literasi keuangan kepada generasi muda, agar dapat memahami peran strategi bank dan lembaga keuangan lainnya.

"Baik dalam menunjang perbaikan kehidupan ekonomi serta pembangunan Daerah Gorontalo dan di Indonesia di tengah-tengah percaturan global dewasa ini," tambahnya.

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Kota Gorontalo, untuk mengenali kembali pemikiran ekonomi maupun wawasan keuangan dari sang tokoh nasional yang lahir dan besar di Gorontalo tersebut.

"Serta mengembangkan kapasitas sumber daya generasi milenial dan generasi z Gorontalo, melalui bentuk-bentuk kegiatan literasi," jelasnya. 


Kegiatan ini juga turut dihadiri langsung oleh keturunan ketujuh dari Sang Tokoh Nasionalis Ong Eng Die.