Yanto Tone : Ada Cara Jitu Agar Pelaku UKM Tak Gulung Tikar

Yanto Tone : Ada Cara Jitu Agar Pelaku UKM Tak Gulung Tikar

Liputan Alwin Ibrahim

Editor : Mnunu Tangguda

 

 

 

 

 

GOSULUT.ID - Limboto - Perkembangan perekonomian sangat ditentukan oleh kemandirian UKM (Usaha Kecil Menengah) yang bisa berkembang dengan baik. 

Untuk itu, menyehatkan para pelaku UKM juga merupakan satu upaya yang harus dilakukan, agar perkembangan usaha rumahan itu akan sangat memberi dampak pada perputaran ekonomi, hingga mungkin PAD bagi setiap daerah.

Staf khusus bagian pengembangan ekonomi dan UKM, Rusdiyanto Tone melihat hal ini menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Gorontalo. Maka selaku wakil pemerintah dalam hal pengembangan, maka dalam waktu dekat ini, Ia akan membentuk sebuah 'Klinik UKM'.

"Hal ini dalam rangka menciptakan UKM yang sehat," tuturnya.

Menurut YantoTone, terkadang beberapa persoalan memang sering terjadi pada pelaku UKM, yang efeknya pada pengembangan UKM tidak sehat. 

Misalnya saja, soal pemasaran, kemana pengembangan usaha mereka,  kalau ingin jadi besar. Ada pula pada soal kebutuhan modal, manajerial internal, proses mengelola Keuangan serta  masih banyak lagi. 

" Nah di klinik UKM ini, kata Yanto Tone Maliki adalah solusinya. Kami ingin dalam Klinik , semua Kita bahas, untuk dicarikan solusi bersama,"Sambungnya. 

Yanto Tone Maliki menambahkan, yang memang pelaku aktif dalam UKM dengan ragam usaha rumahan, yang sukses dibangunnya. Namun melihat beberapa kendala yang sering dialami para pelaku UKM, hingga perlahan pelaku usaha UKM ini gulung tikar. 

" Ini semua kita bahas. Entah dengan menggandeng gerai-gerai atau warung/toko untuk memasarkan. Soal perijinan Kita Bantu. Bahkan soal modal juga akan Kita carikan solusi misalnya dengan menggandeng pihak Perbankan," Ujarnya.

Selanjutnya, kata Yanto Tone Maliki sebagai pelaku UKM, pengaruh pada kemajuan suatu daerah,  jika para pelaku usaha terus maju seperti yang lainnya.

" Intinya UKM Kita harus sehat. Di jaman yang semakin maju, para pelaku UKM itu menentukan roda kemajuan suatu daerah. Dan bisa Kita lihat perkembangannya didaerah-daerah maju, seperti dijawa, Bali Dan beberapa daerah lain yang UKM nya hebat hebat," ujar Yanto Tone.

Terakhir, Ketua KNPI Kabupaten Gorontalo ini, menuturkan, klinik UKM akan di kolaborasikan dengan instansi terkait.

" Klinik UKM akan siap untuk itu, dengan kolaborasi instansi terkait," tutup Yanto Tone.***