Wujudkan Penggunaan Media Sosial Sehat, Haris Tome Sambangi Desa Tonala Kecamatan Telaga Biru  

Wujudkan Penggunaan Media Sosial Sehat, Haris Tome Sambangi Desa Tonala Kecamatan Telaga Biru  

GOSULUT.ID - Dalam rangka mewujudkan penggunaan media sosial yang sehat di tengah masyarakat, jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gorontalo gelar sosialisasi di Desa Tonala Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.

Sosialisasi ini mengambil tema memanfaatkan media sosial untuk menghasilkan uang, guna menambah kebutuhan hidup masyarakat itu sendiri, Kamis (08/10/2020).

Dalam paparanya di hadapan masyarakat Desa Tonala Kepala Dinas Kominfo Haris Tome yang di dampingi Kabid Humas Helmi Daud dan Camat serta Kepala Desa menyampaikan, penggunaan internet saat ini tidak hanya untuk mengekspose setiap kegiatan masyarakat serta mempublikasikan segala bentuk kegiatan dan kejadian-kejadian yang terjadi, sehingga bisa langsung terseber luas kepada masyarakat umum, namun juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang. 

Lebih lanjut dijelaskan oleh pria yang juga mantan camat Telaga Biru, saat ini jumlah yang hidup didunia ada kurang lebih 8 miliyar,  ada sekitar 3 miliyar penduduk dunia menggunakan smartphone yang menjadi sebuah kebutuhan. 

" Di Indonesia ada sekitar 160 juta orang menggunakan akun facebook dan merupakan urutan ke tiga pengguna internet di dunia," ujar Haris

Ketua asosiasi Kepala Dinas Kominfo se-Indonesia ini juga mengatakan, saat ini masyarakat menggunakan internet dalam sehari sekitar 8 jam, sehingga internet sudah menjadi kebutuhan manusia.

" Namun masih banyak pengguna internet yang bisa memanfaatkan internet untuk bisa menghasilkan uang, karena tidak mengetahui cara untuk memanfaatkan media sosial tersebut,"ungkap Haris.

Oleh karena itu, dikatakan Haris menjadi tugas dari Dinas Kominfo untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat, bagaimana memanfaatkan internet  dalam hal ini media sosial untuk menghasilkan uang. Dicontohkan olehnya, saat ini banyak masyarakat yang melakukan penjualan yang dilakukan secara online. 

" Saat ini orang kerja tidak perlu susah-susah. Orang jual pakaian, barang-barang kebutuhan rempah-rempah bahkan rempah-rempah, beras dan sayur mayur saja sudah dijual melalui online media sosial. Jadi tinggal foto barang apa yang dijual kemudian ditaruh di facebook, tapi barang yang dijual harus sesuai dengan apa yang kita pajang di media sosial," tandasnya.

Dirinya berharap masyarakat bisa menggunakan media sosial di hal-hal yang baik karena ada dengan menggunakan media sosial ada sisi positif dan juga negatifnya. 

" Media sosial ini ada sisi positif dan juga positif. Jadi kita harus bisa berhati- hati dalam pemanfaatannya. Sekali lagi saya sampaikan media sosial ini bisa gunakan untuk mendapatkan uang, dengan cara membuat konten-konten," tutur Haris.

Sementara itu, Kepala Desa Tonala Suwarno Antule menyampaikan terima kasihnya pada jajaran Dinas Kominfo yang telah melakukan sosialisasi yang berkaitan dengan internet sehat.

" Kami merasa bersyukur atas sosialisasi ini karena dengan begitu masyarakat bisa memahami bagaimana menggunakan media sosial yang baik agar tidak salah kaprah dalam menggunakan media sosial,"paparnya.***

Editor : Alwin Ibrahim