Wakil Gubernur Pasang Lampu di Kampung Tumbilatohe IKA SMPPN 56/SMA 3 Gorontalo

Wakil Gubernur Pasang Lampu di Kampung Tumbilatohe IKA SMPPN 56/SMA 3 Gorontalo

GOSULUT.ID - IKA SMPPN 56/ SMA 3 Gorontalo terus berperan aktif dalam menyemarakkan Ramadhan 1443 H, salah satunya dengan menggelar Kampung Tumbilatohe, Kamis (28/4/2022).

Kegiatan ini dihadiri langsung Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Sekretaris Jenderal, Pengurus PB IKA SMPPN 56/ SMA 3 Gorontalo, alumni dan secara virtual disaksikan langsung Ketua Umum Memy Soraya.

Wakil Gubernur Idris Rahim kepada wartawan mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilaksanakan IKA SMPPN 56/SMA 3 Gorontalo.

"Mewakili Pemerintah Provinsi Gorontalon saya sangat mengapresiasi atas Kampung Tumbilatohe yang dilaksanakan. IKA SMPPN 56/SMA 3 Gorontalo turut mewujudkan filosofi masyarakat gorontalo "Adat Bersendikan Syara, Syara Bersendikan Kitabullah" Ujarnya.

Idris mengatakan, tradisi malam pasang lampu 3 hari menjelang idul fitri sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi covid-19. Ia berharap pelaksanaan tumbilatohe selama beberapa hari kedepan bisa berjalan lancar.

Ia juga sangat mengsuport atas berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh ikatan alumni tersebut yang mampu memberikan manfaat kepada berbagai pihak.

"Saya mengamati begitu banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan IKA SMPPN 56 /SMA 3 Gorontalo, hal ini sangat bermanfaat tidak saja kepada masyarakat tapi bagi pemerintah daerah. Saya berharap kedepan akan lebih meningkat lagi" Imbuhnya.

Sementara itu mewakili Ketua Umum PB IKA SMPPN 56/SMA 3 Gorontalo, Sekretaris Jendral Sukirman Rahim menyampaikan apresiasi kepada pemerintah provinsi gorontalo dan pemerintah kota gorontalo yang begitu perhatian terhadap berbagai kegiatan yang dilakukan hingga saat ini.

Dijelaskan, Kampung Tumbilatohe merupakan satu rangkaian kegiatan dari yang telah dilakukan selama menyambut bulan suci ramadhan di tahun 2022, seperti bagi-bagi paket sahur, khatam Al, Qur'an, buka puasa bersama anak-anak yatim dari panti asuhan, pembagian takjil.

"Berbagai agenda ini merupakan rangkaian kegiatan dari Gebyar Ramadhan yang telah disusun oleh PB IKA SMPPN 56/SMA 3 Gorontalo, yang didukung dan disuport langsung Ketua Umum kami Ibu Memy Soraya yang sebagaimana diketahui Kampung Tumbilatohe dilaksanakan tepat diwilayahnya di Tanggida ini bersama-sama dengan warga disini, karena sebelumnya terkendala 2 tahun oleh covid-19 maka tahun ini kami semarakkan kembali," Papar Sukirman.

Lanjut dia, setelah kegiatan di buka langsung Wakil Gubernur di hari pertama, pada hari kedua kampung tumbilatohe akan menyuguhkan hiburan berupa penampilan group akustik religi yaitu Rejin dan komedi religi, dihari ketiga nanti IKA SMPPN 56/SMA 3 Gorontalo akan memberikan doorprize kepada alumni yang datang sambil memakai gamis serta akan membagikan zakat kepada masyarakat yang melewati lokasi acara.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda dari bidang Sosial Keagamaan dan dengan memanfaatkan momentum bulan suci ramadhan.

"Intinya IKA SMPPN 56/SMA 3 Gorontalo terdiri dari berbagai bidang dan masing-masing memiliki kegiatan yang berbeda, inshaallah setelah lebaran ini akan ada agenda yang akan digelar oleh bidang lainnya," Sambungnya.

Humas IKA SMPPN 56/SMA 3 Gorontalo Fahrul Lamusu diamini Wirawan Rauf Rully Machmud, Cepy Muhamad dan alumni,  menambahkan, Kampung Tumbilatohe sangat peduli dengan tradisi ini sehingga agenda penting dari kegiatan tersebut yang tidak kalah pentingnya adalah mengangkat lagi lampu-lampu yang sebenarnya dinyalakan masyarakat saat itu.

"Misalnya Padamala, Tonggolo Opo, dan Tohe tutu, ini kami coba munculkan kembali agar masyarakat utamanya generasi muda saat ini tahu bahwa sebenarnya inilah lampu asli yang digunakan ketika tiba malam pasang lampu atau tumbilatohe. Kampung tumbilatohe juga dibuat dengan bernuansa adat istiadat yaitu adanya alikusu dan sejumlah miniatur yang mengambarkan gorontalo," Tutup Alumni tahun 2001 ini.