Wagub Gorontalo : Instruksikan Peraturan Kepala Daerah Dalam Implementasi Satu Data Indonesia

Wagub Gorontalo : Instruksikan Peraturan Kepala Daerah Dalam Implementasi Satu Data Indonesia

GORONTALO (GS) – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat membuka sosialisasi SDI yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah (BAPPPEDA) Provinsi Gorontalo, Kamis (1/4/2021) di Hotel Aston, Kota Gorontalo.

Menginstruksikan penyusunan Peraturan Kepala Daerah untuk mendukung implementasi Satu Data Indonesia (SDI). 

Untuk itu, kita segera susun produk hukum terkait implementasi Satu Data Indonesia dalam bentuk peraturan kepala daerah atau keputusan kepala daerah.

Wagub Idris Rahim menambahkan penyusunan peraturan kepala daerah tersebut bertujuan untuk mengatur dan memadukan seluruh pihak terkait yang berperan dalam pengelolaan data. Diutarakannya, dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia, penyelenggara SDI pada level pemerintah daerah terdiri dari pembina data, walidata, walidata pendukung, serta produsen data.

Ia sangat berharap melalui sosialisasi tersebut dapat membangun persamaan persepsi dalam implementasi SDI. Di bawah koordinasi BAPPPEDA, Wagub meminta seluruh pihak terkait dapat melakukan konsolidasi internal baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk implementasi SDI.

“Bangun komunikasi dan sinergitas, serta segera bentuk Forum Sekretariat SDI di provinsi maupun kabupaten/kota. Laporkan perkembangan progres implementasi SDI secara berjenjang,” harap Idris Rahim.

Narasumber pada sosialisasi itu Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Pemerataan dan Kewilayahan, Oktorialdi, selaku Kepala Sekretariat SDI Tingkat Pusat, serta Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan, Taufik Hanafi, selaku Koordinator Forum SDI Tingkat Pusat.***