Wabup Thariq Modanggu Dampingi Kapolda Gorontalo Tinjau Kesiapan Polres Gorut

Wabup Thariq Modanggu  Dampingi Kapolda Gorontalo Tinjau Kesiapan Polres Gorut

Liputan Yance Harun

Editor : Mnunu Tangguda

GOSULUT.ID – Gorontalo Utara – Wakil Bupati Gorut, Thariq Modanggu atas nama pemerintah daerah, mendampingi langsung kunjungan Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo, Irjen. Pol. Rachmad Fudail bersama rombongan.

Peninjauan lokasi sementara Polres Gorut dengan memanfaatkan kantor Polsek Kwandang, Kamis (10/10).

Orang nomor dua di Gorut itu mengatakan peninjauan lokasi Polres Gorut itu guna memastikan kesiapan lokasi bangunan yang telah tersedia.

"Kita telah mensupport, antara lain penyiapan lahan. Penyiapan lahan itu sekarang 3 hektare, kita usahakan tahun depan 2 hektare lagi, hingga total bisa 5 hektare untuk Polres Gorontalo Utara," ungkap Thariq Modanggu.

Sejak awal Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), sangat merespon baik hadirnya Kepolisian Resor (Polres) di Gorut.

”Bahkan, kehadiran Polres Gorut pun terus dikawal hingga saat ini, termasuk saat dalam rangka melakukan peninjauan lokasi,”ucap Thariq Modanggu.

 

Dikatakan Wabup Thariq Modanggu, pemerintah daerah sangat merespon dan mensupport pembangunan polres di Gorut, karena melihat komitmen Polda untuk segera memberikan percepatan pelayanan pada masyarakat.

"Jadi, kami sudah menyiapkan fasilitas untuk mensupport, baik itu ruangan untuk Shabara, kemudian untuk Lantas, kita sudah siapkan itu, termasuk perumahan untuk Kapolres dan Wakapolres. Begitu juga untuk kebersihan dan persiapan-persiapan. Dan nanti yang disiapkan Polda, yakni personil, peralatan, kemudian sarana prasarana pelayanan dan kita (Pemda) sifatnya mensupport itu," papar Wabup Thariq Modanggu.

Sementara Kapolda Gorontalo, Irjen. Pol. Rachmad Fudail mengaku pembentukan Polres Gorut ini sudah harus disiapkan sebagaimana Surat Keputusan Kapolri Nomor : Kep/1872/X/2019 tanggal 2 Oktober 2019 tentang pembentukan polres. Olehnya perwira tinggi Polri dengan 2 bintang di pundaknya ini berharap Polres Gorut segera beroperasi dalam waktu dekat.

 "Maksimal akhir November. Kita koordinasi dengan kabupaten, memang pembangunan belum ada, tapi yang kita inginkan memberikan pelayanan, mendekatkan pelayanan ini pada masyarakat yang selama ini, masyarakat Gorut harus datang ke Limboto (Polres Gorontalo). Dengan adanya Polres Gorut lagi, masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi ke Limboto, seperti mengurus SIM, SKCK, masalah izin keramaian, dan lain sebagainya," terang Rachmad Fudail.***