Tuntutan Petani Plasma Terhadap PT. AAS, Akhirnya Menemukan Titik Terang

Tuntutan Petani Plasma Terhadap PT. AAS, Akhirnya Menemukan Titik Terang

GOSULUT.ID - BOALEMO - Bupati Darwis Moridu Memimpin Rapat bersama Forkopimda, Instansi terkit , PT Agro Artha Surya, Koperasi dan masyarakat Petani Plasma Kabupaten Boalemo.

"Rapat ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah untuk menyelesaikan persoalannya yang terjadi antara Petani Plasma dan PT. Agro Artha Surya dan insyaallah akan ada Penyelesaian" tutur Darwis Moridu. DiRuang Vicon kantor Bupati. ( Jumat/13/03 )

Lanjut Darwis, ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Petani Plasma yang tetap sabar menunggu proses Mediasi antara Pemerintah dan PT. Agro Artha Surya.

"Atas nama Pemerintah Daerah, saya sangat berterima kasih kepada masyarakat Petani Plasma, Sebab tidak melakukan perbuatan yang melawan hukum dan hari ini masih menunggu proses yang telah berjalan" tuturnya.

Sementara Direktur Utama Rommy Setiawan mengatakan, Bahwa pihak perusahaan akan menindaklanjuti hasil dari kesepakatan antara pemerintah Boalemo dan PT. Agro Artha Surya.

“Atas nama pimpinan perusahaan kami akan berusaha untuk menindaklanjuti hasil kesepakatan antara Pemerintah Daerah dan PT Agro Artha Surya, dan juga saya harap masyarakat petani plasma untuk tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan kita bersama" kata Rommy Setiawan.

Berikut Enam Poin Kesepakatan Antara Pemerintah Daerah Boalemo dan PT. Agro Artha Surya:

1. Pembagian hasil akan diselesaikan oleh perusahaan terhadap petani plasma
2. Lahan yang belum di tanami sawit tahun 2021 akan di tanami sawit
3. Sambil menunggu lahan yang akan di tanami dimana perusahaan akan memberikan kompensasi lewat mempekerjakan petani di perusahaan
4. Tunggakan BPJS akan diselesaikan pembayaran pada akhir Maret 2020
5. Pihak perusahaan harus terbuka terhadap koperasi untuk pembagian hasil
6. Lahan yang ada agar segera dilakukan pemeliharaan baik yang ada tanaman atau yang belum ada tanaman, dan mempertegas 10 poin kesepakatan yang di lahirkan di Kota Manado.

Rapat tersebut turut di hadiri Wakil Bupati Anas Jusuf, Ketua DPRD Karyawan E. P. Noho, Kapolres AKBP Ahmad Pardomuan, Direktur Utama PT. AAS Rommy Setiawan, Sekda Husain Etango, Mewakili Kajari, Ketua Pengadilan, mewakili Dandim 1313 Pohuwato dan OPD.

Editor : Mukrin Laete