TPID Bolmong Sukses Laksanakan Pelatihan Di Tiga Cluster

TPID Bolmong Sukses Laksanakan Pelatihan Di Tiga Cluster

Biro Bolmong : Tazkir Adampe

Editor : Kamal Babay

 

 

www.gosulut.id – Bolmong -  Pelatihan Inovasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Program Inovasi Desa yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa(TPID) Bolmong hari ini, resmi ditutup oleh Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Ahmad Yani Damopolii. SH,ME bertempat di Hotel Tamasya Kotamobagu (14/08).

Dalam sambutannya Ahmad Yani Damopolii. SH,ME mengharapkan, semua peserta dapat mengimplementasikan di desa masing-masing dan di wilayah dampingan bagi Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) agar tujuan pencegahan Stunting dapat dilaksanakan sesuai regulasi yang ada.

"Ini bukan hanya ceremonial saja, melainkan lebih bertumpu pada pencegahan stunting, karena Bolmong salah satu daerah prioritas pencegahan stunting diprogram Kementriaan Desa" kata Ahmad Yani Damopolii. SH,ME.

Nantinya semua desa dapat memasukan data stunting, karena data stunting merupakan syarat untuk pengajuan pencairan dana desa tahap 3.

"Untuk pengajuan pencairan dana desa tahap 3 wajib hukumnya memasukan SPJ tahap 2 yaitu memasukan data stunting,"tutup Ahmad Yani Damopolii. SH,ME.

 

Sementara itu Tenaga Ahli (TA) Bidang Pemberdayaan SDM Kabupaten Bolmong, Said Banteng mengatakan, semua peserta telah dibekali materi-materi untuk mengidentifikasi masalah penyebab terjadinya stunting.

"Pemerintah Desa dan KPM harus dapat melaksanakan tugas dilapangan, sebab materi telah diberikan sebagai landasan utama untuk mengidentifikasi penyebab stunting,"tegas Said Banteng.

Ketua Panitia Pelatihan Asrul Potabuga mengatakan, pada hari ini sangat bersyukur kegiatan ini dapat berjalan lancar sejak awal hingga akhir pelatihan, tentunya berkat dukungan dan kerjasama dari semua pihak.

"Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dan untuk semua peserta saya ucapkan selamat dan sukses dalam melaksanakan tugas Di Desa masing-masing" ujar Asrul Potabuga.

Salah satu Peserta Pelatihan Herdi Paputungan yang juga Sekretaris Desa Mongkoinit mengatakan pelatihan ini sangatlah berguna bagi Kami dan Desa Kami tentunya untuk pencegahan stunting.***