Tiga Ranperda Eksekutif Disahkan Oleh DPRD Kabupaten Gorontalo

Tiga Ranperda Eksekutif Disahkan Oleh DPRD Kabupaten Gorontalo

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Alwin Ibrahim

Editor : Yance Harun

 

 

 

GoSulut.Id - Limboto - Setelah melakukan pembahasan yang alot antara Panitia khusus (PANSUS) dan Organisasi Perangkat  Daerah (OPD), terkait 3 Rancangan Peraturan Daerah    (Ranperda). Akhir-nya disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melalui rapat paripurna DPRD Kabupaten Gorontalo dalam rangka Pembicaraan Tingkat II Pembahasan 3 Ranperda Usul Inisiatif Pemerintah Daerah, senin (15/4) di ruang sidang DPDR Kabupaten Gorontalo.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung ketua DPRD Sahmid Hemu, yang di dampingi dua Wakil Ketua Irwan Dai dan Ismail Adam. Di hadiri oleh Sekda Ir.Hadijah U Tayeb, Staf Ahli Bupati, Para asisten, pimpinan OPD, unsur Forkopimnda, unsur Akademisi serta Ketua MUI Kabupaten Gorontalo.

Adapun ketiga (3) Ranperda yang disahkan itu yakni, tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Ranperda Tentang Pajak Sarang Burung Walet, Ranperda Tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Gorontalo Tahun 2017-2037.

Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo dalam sambutannya  menyampaikan, apresiasi terhadap hasil kerja keras semua pihak, terutama DPRD Kabupaten Gorontalo yang telah membahas dan menyetujui tiga ranperda yang disampaikannya.

Menurut Nelson Pomalingo, hal ini merupakan hasil kesamaan dalam kebersamaan untuk melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan, sebagai penyelenggaraan urusan pemerintah daerah, yang menuntut menyelesaikan tugas secara cepat, tuntas dan ikhlas.

Ranperda yang telah dibahas dan disahkan, sebagai wujud kebersamaan legislatif dan eksekutif dalam peningkatan pendapatan dari masyarakat, sehingga pembangunan di daerah ini lebih cepat.

" Intinya, semua ini merupakan komitmen kita semua untuk senantiasa membangun kesepahaman dan mengedepankan kepentingan rakyat dalam menata kehidupan masyarakat di daerah ini,” tegas  Nelson Pomalingo.

Untuk itulah, semangat kebersamaan ini hendaknya senantiasa terjaga dan terpelihara dengan baik dalam kerangka mewujudkan masyarakat madani.

Nelson Pomalingo berharap, bahwa ranperda yang telah di setujui menjadi peraturan daerah ini, akan menjadi landasan yang kokoh, kukuh dan kuat dalam mengakselerasi penyelenggaraan program kegiatan di daerah ini.

" Maka Pemerintah daerah sangat mengharapkan adanya dukungan dan partisipasi dari semua elemen masyarakat. Agar berbagai aspek terkait dengan program dan kebijakan di daerah dapat berjalan dengan optimal dan maksimal," kata Nelson Pomalingo.

Semoga berbagai harapan dan cita- cita yang hendak diwujudkan dengan kehadiran perda ini, akan menjadi sebuah keniscayaan yang dapat memberi kecerahan dan gemilangya harapan akan masa depan masyarakat di daerah ini.***