Terkait Pilikada 2020 Di Kabupaten Gorontalo, Nasir Tongkodu : Perpaduan Politisi Dan Birokrasi Menjadi Solusi Di Daerah

Terkait Pilikada 2020 Di Kabupaten Gorontalo, Nasir Tongkodu : Perpaduan Politisi Dan Birokrasi Menjadi Solusi Di Daerah

Laporan Wartawan :  Alwin Ibrahim

Editor : Yance Harun

 

 

 

GoSulut.ID - Limboto - Semakin menarik perhatian banyak kalangan tentang Pilikada Kabupaten Gorontalo di 2020.

Hal ini terlihat ramai-nya media sosial dengan berita online yang menyajikan berita terpercaya dan menghadirkan para sumber berita  dan informasi yang jelas kebenarannya.

Bahkan ada juga yang mengunakan Facebook untuk mengeluarkan ambisi politik mereka, walau-pun tak terlihat mempengaruhi ruang public, akibat kurang-nya kepercayaan warga dumay, tentang informasi itu.

Hal ini sangat berbeda dengan yang disampaikan oleh salah satu tokoh politik yang ada di daerah, Nasir Tongkodu mengatakan, sebaiknya cabup cawabup yang akan maju di Pilkada serentak 2021, harus memadukan antara Politisi dan Birokrat.

”Karena perpaduan kepala daerah dari politisi dan birokrat cenderung aman dan langgeng sampai akhir jabatan, bahkan bisa berlanjut diperiode kedua,” kata Nasir Tongkodu.

Kita lihat saja contoh-nya Gubenur Gorontalo, Rusli Habibie, seorang politisi pengusaha dan Wagub Gorontalo, Idris Rahim dari birokrat, mereka bisa aman pada periode pertama serta langgeng sampai periode kedua. Begitu pula dengan Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga selaku politisi dan Amin Haras seorang birokrat.

”Nah di Kabupaten Gorontalo birokrat yang potensial ada beberapa yang bisa diajak antaranya Zukri Harmain,”ucap Nasir Tongkodu.

Sosok Zukri Harmain adalah birokrat yang pernah bacalon bupati 2015 lalu dan sangat berpengalaman dalam pemerintahan.

”Birokrat yang satu ini, beberapa kali pernah mendapatkan penghargaan dalam mengelola satuan kerja dan mengelola keuangan,” jelas Nasir Tongkodu.

Dalam perjalanan karir di birokrasi, sosok Zukri Harmain pernah menduduki pada jabatan jabatan penting, sehingga kemampuan-nya tak perlu di ragukan lagi.

”Pernah menjabat Kabag Kuangan,  Kepala Bappeda dan Kadis pertanian selama masa aktif sebagai birokrat. Dan tidak pernah tersangkut masalah korupsi dan sangat disukai oleh bawahannya dan tidak pernah dimutasi karna kurang kinerjanya,”ungkap Nasir Tongkodu.

Dan setahu saya Zukri Harmain aktif di berbagai organisasi kepemudaan dan pernah juga menjadi Ketua Ormas Nasdem dan Ormas Barindo dan sekarang sebagai Pengurus NU Kabupaten Gorontalo,sebagai Wakil Ketua.

”Jadi sangat memenuhi syarat, sebagai bakal calon wabup, karena memahami posisinya sebagai wakil bupati, sehingga roda pemerintahan pasti akan aman,”tegas Nasir Tongkodu.***