Tenaga Ahli Wakil Ketua DPR-RI DR. Rustam Hs. Akili Hadiri Panen Raya Holltkultura

Tenaga Ahli Wakil Ketua DPR-RI DR. Rustam Hs. Akili Hadiri Panen Raya Holltkultura

GOSULUT.ID - Rupanya program kerja Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) H. Rachmat Gobel di bidang tanaman holltkultura kerja sama dengan PT. Petrokimia Gresik Grup melejit di wilayah Kabupaten Gorontalo.

Seperti halnya demplot kelompok tani di wilayah Kecamatan Limboto yang telah melangsungkan panen raya hortikultura (tomat). Di saksikan langsung Tenaga Ahli Wakil Ketua DPR-RI Dr. Rustam Hs. Akili. Dan hasil panen perdana ini selain dibagi ke warga disekitar lahan demplot juga ke warga masyarakat diluar Kelurahan Tenilo Kecamatan Limboto.

Selain itu Tenaga Ahli DPR-RI ini instruksikan seluruh yang hadir dalam kegiatan panen raya itu patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan.

Adapun yang hadir, tenaga ahli Wakil Ketua DPR-RI. Dr. Rustam Akili, Bupati Bone Bolango, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Roman Nasaru, Roni Imran, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Nasir Potale, kepala cabang bank Indonesia dan lainnya.

Usai melakukan panen raya, Tenaga Ahli Wakil Ketua DPR-RI Dr. Rustam Hs. Akili menyampaikan, demplot itu berkelanjutan yang bermitra langsung dengan PT. Petrokimia Gresik Grup untuk bagaimana membina para petani yang ada di Gorontalo.

" Pak Rachmat Gobel yang punya program, tentunya bagi saya bagaimana petani ini merasakan, bagaimana menanam dengan baik, yang dibina langsung oleh PT. Petrokimia Gresik Grup, dari pertama menanam dan lain-lain," ucapnya, Rabu (27/05/2020).

Selain itu, kata Dr. Rustam Akili, Ini program untuk meningkatkan kualitas pertanian yang memiliki nilai lebih, jadi demplot ini bukan sekadar gagah-gagahan saja kemudian tidak berkelanjutan.

" Saya juga berterima kasih kepada PT. Petrokimia Gresik yang begitu sabar yang begitu tekun mendampingi para petani. Dan semua ini tergantung pola pikir, Allhamdulilah petani dibawa pimpinan pak Helmi ini mematuhi seluruh yang ada dan disiplin sehingga dari sinilah menemukan kualitas hasil pertanian dan pada dasarnya walaupun petani kita tidak perlu diajari namun dengan pergeseran nilai teknologi inilah yang kita manfaatkan, " jelas Rustam.

Dirinya juga menegaskan, jika terjadi kendala overproduksi pihaknya sudah memiliki strategi khusus untuk menangani masalah itu. Dan berikutnya untuk demplot seperti itu masih ada 4 yang akan di panen.

" Dan kalau terjadi kendala overproduksi dari hasil pertanian, kami punya solusinya seperti bermitra dengan perbankan, pengusaha dan kita juga memiliki koperasi, kita juga nantinya akan ada UMKM yang akan kita bina, juga akan mengarah pada industri, insya allah akan ada pabrik tomat yang akan kita buat, selanjutnya juga ini akan 4 demplot yang akan kita panen, berikutnya saya akan ketemu dengan kelompok-kelompok tani," tegas Rustam dengan gaya khasnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo Fony Harun menjelaskan, untuk holltkultura sendiri diwilayah Kabupaten Gorontalo tidak terlalu besar.

" Kalau dari segi potensi kecil, tidak sebanding dengan tanaman pangan seperti jagung, dan lainnya, karena luasan holltkultura ini hanya tujuh ribu hektare lebih namun untuk potensi sangat mendukung untuk pengembangan hortikultura, " ujar Fony.

Lebih lanjut, Sekretaris Dinas ini menuturkan lewat program ini agar bisa dipikirkan untuk overproduksi dari hasil panen holltkultura.

" Sangat diharapkan dan kita pikirkan bersama dengan rekan-rekan Nasdem yang memelopori demplot ini terkait pengolahan hasil, dan kalau dilihat dari hasil panen ini sangat lualuar biasa," tutur Fony.***

Editor : Alwin Ibrahim