Teleconference Jadi Alternatif Lakukan Pelayanan Dari Rumah

 Teleconference Jadi Alternatif Lakukan Pelayanan Dari Rumah

GOSULUT.ID - Guna mencegah penyebaran virus covid-19 dan untuk memaksimalkan pelayanan, walaupun berada di rumah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gorontalo Haris Suparto Tome laksanakan Video Confrence (Vicon).

Pelaksanaan Video Confrence ini di awali Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo pada rapat awal yang di gelar, Selasa (24/03/2020).

Saat di temui awak media, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Haris Tome menyampaikan, hal itu dilakukan sesuai instruksi Bupati Gorontalo, Nelson Pomlingo.

" Pertama tentu kami ingin menindaklanjuti edaran pemerintah pusat, edaran pak bupati tentang kerja di rumah. Maka memastikan para pegawai bekerja di rumah, maka kami menggunakan fasilitas ITE yang ada, intinya untuk membatasi pertemuan jarak dekat, " ujarnya.

Selanjutnya, Haris Tome menyampaikan, untuk dinas kominfo sudah siap dengan perangkat untuk memfasilitasi pertemuan secara online, baik itu pertemuan rapat atau memantau pelaksanaan pekerjaan di rumah.

" Dan, dari pagi kami sudah melakukan upaya itu bersama dengan seluruh jajaran dinas komunikasi dan informatika, kami juga sudah berkoordinasi dengan dinas perhubungan dengan dinas pendidikan dan kebudayaan, Insya ALLAH dengan model yang kita lakukan, menggunakan Vicon, semua bisa bekerja bersama untuk memantau pekerjaan,"paparnya.

Lebih lanjut, Haris menjelaskan saat ini pihak telkomsel juga sudah memberikan bantuannya.Berupa fasilitas gratis buat dinas dan  pemerintah Kabupaten Gorontalo selama 30 hari untuk melakukan live streaming atau live meeting (teleconference).

" Sehingga, para pimpinan opd baik bupati, sekda, asisten dan kepala dinas, bisa melakukan pertemuan secara online dalam membahas segala persoalan lewat online. Dan bisa memantau pekerjaan staf dan pembelajaran siswa di rumah, yang dianjurkan oleh pak bupati. Tapi pada dasarnya, bukan nanti musim Virus Corona, tapi ini sudah dari awal kita sudah lakukan, bagian dari smart city ". Jelas Haris Tome.

Terakhir, dijelaskan Kepala Dinas Kominfo, bahwa dibalik pencegahan penyebaran virus yang sangat mematikan itu ada hikmahnya untuk pemantapan smart city.

"Corona ini adalah hikmah untuk kita melakukan percepatan smart city, tadi kita baru paham, bahwa sekarang kita butuh teknologi," ujar Haris Tome.****

Editor : ALWIN IBRAHIM