Tak Ditemui Anggota DPRD, Petani Plasma Di Mootilango Kecewa  

Tak Ditemui Anggota DPRD, Petani Plasma Di Mootilango Kecewa  

GOSULUT.ID - Masyarakat Desa Suka Maju Kecamatan Mootilango gelar aksi unjuk rasa di kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Gorontalo dengan tuntutan persoalan pembagian hasil panen sawit.

Walaupun lama melakukan aksinya di depan gedung DPRD Kabupaten Gorontalo masa aksi tidak bertemu dengan anggota DPRD.

Maka para petani tersebut merasa kecewa, sebab pengaduan mereka tak sampai, terpaksa harus pulang dengan membawa harapan dan nasib yang tidak memiliki jawaban. Yang mana  hingga kini petani plasma  tak menerima bagi hasil seperti yang dijanjikan oleh  PT. Agro Palma.  

Saat di wawancarai awak media. Koordinator masa aksi, Abdulwahidin Tutuna menyampaikan, lahan petani yang dikelola perusahan sekitar 500 hektar.  Lahan tersebut ditanami sawit dengan bagi hasil 20 :80. Yang mana,  20 untuk petani plasma dan 80 untuk perusahaan. Namun, hingga panen perjanjian tersebut tak kunjung ada.  

“ Kami datang di DPRD ini untuk menyampikan aspirasi kami.  Dengan harapan persoalan di Suka Maju mendapat penyelesaian," ujarnya, Jum'at (28/08/2020).

Dengan tidak bertemunya masa aksi dengan anggota DPRD dan Bupati Gorontalo, mereka meresa kecewa. 

“ Persoalan ini tetap akan kami kawal.  Dengan harapan lahan yang dikelo oleh perusahan dapat dikembalikan kepada masyarakat,"ungkap Abd. Wahidin.

Sementara itu, petani plasma Kisman Usman mengatakan, pihak perusahaan telah megelola lahan petani sejak 2012. 2013 melakukan penanaman sawit dan panen 2017. Namun setelah panen,  petani tak menerima bagi hasil.  

“ Sejak lahan dikelola oleh perusahaan hingga panen,  kami tak menerima bagi hasil.  Dengan kejadian ini,  kami ingin mengambil kembali lahan untuk dikola petani ," kata Kisman.***

Editor : Alwin Ibrahim