Narapidana Ikut lebaran Dan Berwisata, Ada Apa Dengan Lapas Perempuan?

Narapidana Ikut lebaran Dan Berwisata, Ada Apa Dengan Lapas Perempuan?

Liputan Wartawan : Alwin Ibrahim

Editor : Mnunu Tangguda

 

 

 

 

GoSulut.ID - Limboto - Narapidana tahanan diduga berkeliaran diluar Lapas, Keluarga narapidana menpertanyakan aturan Lembaga Permasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Gorontalo.

Dari informasi yang dirangkum wartawan Gorontalo Sulut News (www.gosulut.id)  terdapat 6 orang narapidana tindak pidana koruprsi berinisial, SI, SB, SN, RD, HA, dan AH, diduga sering keluar Lapas Kelas III Gorontalo tersebut.

Beberapa diantaranya melakukan aktivitas seperti, berada dirumah dan pergi ketempat pariwisata serta di tempat seperti hotel.

Salah satu warga Kelurahan Pulubala Kecamatan Kota Tengah Ariyanto Dunggio, pada Wartawan mengatakan, sempat berapa kali memergoki napi berada diluar lingkungan lapas. Padahal sepengetahuannya aturan tidak memperbolehkan hal tersebut.

”Hal ini yang tak saya mengerti, tempat tahanan ini dimana, di lapas atau diluar, kok bisa berkeliaran. Apa aturan Lapas seperti itu? kata Ariyanto Dunggio, dalam wawancara, kamis (4/7/).

Sampai hari ini Saya belum menemui pihak Lapas untuk mempertanyakan persoalan ini, apakah sejumlah napi yang keluar telah sesuai prosedur atau tidak.

”Karena masih disibukan oleh profesinya sebagai supir angkot,”Sambungnya.

Ariyanto Dunggio menyatakan, tapi akan mencari waktu yang tepat akan menemui Kalapas.

”Dan Saya akan pertanyakan langsung, apakah boleh seseorang yang masih berstatus Tahanan, keseharian-nya berada diluar Lapas, sudah sesuai aturan,” ujar Ariyanto Dunggio.

Saat dikonfirmasi, Kasubsi Keamanan dan Ketertiban LPP Kelas III Gorontalo, Verawati Abjul membenarkan keenam nama tersebut sebagai warga binaan Lapas.

"Memang mereka narapidana yang sudah setengah menjalani hukuman dan kita dipekerjakan dirumah kue tepat berada didepan Lapas,”ucap Verawati Abjul

Memang saat ini ada beberapa warga binaan ada di luar lapas, namun tetap dalam pengawasan.

"Setahu kami mereka hanya dirumah kue, tidak kemana-mana, itu pun ada pengawasannya. Kalau ada informasi lain, silahkan tanya kalapas,” Tambahnya.

Verawaty Abjul mengatakan, guna menjawab pertanyaan wartawan soal, warga tahanan lapas yang berada dirumah waktu suasana lebaran dan pergi ke tempat wisata.

”Jika hal demikian, silahkan ditanyakan pada kalapas. Maaf, saya tidak punya kapasitas menjawab,"kata Verawaty Abjul***