Syamsul Baharudin Akan Wujudkan Janji Bupati NP Di Rakyat Bina Jaya Dan Polohungo

Syamsul Baharudin Akan Wujudkan Janji Bupati NP Di Rakyat Bina Jaya Dan Polohungo

Liputan Wartawan : Alwin Ibrahim

Editor : Mnunu Tangguda

 

 

 

 

GoSulut.ID  - Limboto - Kurang lebih tiga tahun lalu janji di utarakan, terkait jembatan penghubung Desa Bina Jaya dan Desa Polohungo Kecamatan Tolangohula di terjang banjir bandang.

Di hadapan warga Desa Bina Jaya dan Desa Polohungo, Bupati Prof Nelson Pomalingo, berjanji akan memperbaiki. Namun hingga sekarang, rakyat masih menanti realisasi tersebut.

Dan saat ini, karena jembatan itu belum juga dilakukan perbaikan dan hanya habis di peninjauan serta potret sana sini. Akibatnya banyak aktivitas warga yang terkendala jika air sungai meluap, ucap

Anang, salah satu warga polohungo. Saat jembatan ini putus, maka guru guru yang mengajar di SDN 11 dan SMP 5  serta Paud tidak bisa berktifitas karena terhalang luapan air sungai.

”Jika banjir tiba, anak anak yang sedang sekolah di luar Desa Polohungo dengan keadaan terpaksa tidak bisa masuk sekolah, bahkan jembatan itu, sudah memakan korban jiwa,”Sambungnya.

Anang menyampaikan, saat ini masyarakat Desa Polohungo hanya bisa bermimpi dan menunggu kemurahan hati pemerintah untuk merespon apa yang terjadi di wilayah Kabupaten Gorontalo bagian barat tersebut.

" Kami masyarakat berharap agar kiranya kedepan pemerintah bisa merespon dan mempercepat pembangunan jembatan yang sudah beberapa tahun rusak,” jelas Anang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Syamsul Baharudin, di ruang kerjanya di temui menyampaikan, sebelumnya pembangunan jembatan itu di usahakan oleh Dinas BPBD, namun anggarannya tidak turun dari pusat.

" Tim sudah pernah turun.Dan ini sebelumnya sudah di usulkan melalui dana DAK, kemudian dana DAK tidak keluar, kemudian di usulkan lagi lewat APBD, tapi karena anggaran tidak cukup, sehingganya nanti 2020 kita prioritaskan," Tambahnya.

Syamsul Baharudin mengatakan, jembatan ini harus menjadi prioritas di anggaran APBD 2020, sebab kebutuhan Masyarakat.

"Nantinya, anggaran yang Insya ALLAH di sediakan kurang lebih satu setengah miliar karena bentangan jembatan yang panjang," kata Syamsul Baharudin.***