Studi Komparatif Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo Di Bolmong Raya

Studi Komparatif  Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo Di Bolmong Raya

Laporan Wartawan www.gosulut.id, Maman Ntoma

 

GoSulut.Id - Limboto - Perjalanan Studi Komperatif di beberapa daerah di Bolmong Raya Provinsi Sulawesi Utara oleh Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo, di bagi menjadi tiga kelompok. Saat kunjungan di daerah itu, kita sesuai-kan dengan potensi yang ada di desa masing masing di Kabupaten Gorontalo, sebagai inovasi untuk kita semua, ungkap anggota Komisi I Wahid Badu di ruang kerja-nya, senin (21/1)  

Dalam studi komperatif di beberapa kecamatan dan desa di daerah Bolmong Induk dan Kotamobagu. ”Di daerah Kotamobagu, kami berkunjung di sebuah desa yang mengelola industri rumahan, di kerjakan oleh ibu rumah tangga terkait pembuatan sapu ijuk, guna memanfaat-kan potensi di desa mereka, untuk menambah pendapatan mereka” Kata Wahid Badu.

Untuk di wilayah Bolmong Induk, kami berkunjung di Desa Poigar, disana melihat bagaimana pengelolaan pasar tradisonal yang kemudian di refitalisasi menjadi pasar moderen.

”Dalam pengelolaan-nya melalui Bumdes dan Koperasi, sehingga mereka mendapat suntikan dana dari kementrian, hal ini kami pelajari, semoga bisa bermanfaat bagi daerah kita” Jelas Wahid Badu.

Hal menarik juga di wilayah Bolmong Selatan, mereka di sana lebih mengutamakan pemberdayaan potensi desa dibanding dengan pembangunan infrastruktur. ”Bagaimana dana bumdes digunakan untuk Destinasi Wisata yang di kelola oleh pemerintah desa setempat, sehingga desa mendapat pemasukan” Tegas Wahid Badu. ***