Sekjend Kambers Paparkan Konversi Sampah Di Hadapan Para Ahli

Sekjend Kambers Paparkan Konversi Sampah Di Hadapan Para Ahli

GOSULUT.ID - KOTA LIMBOTO - Komunitas Kambungu Beresi yang terus bergerak fokus pada lingkungan itu, ternyata seiring berjalanya waktu, mampu menciptakan sesuatu yang sangat luar biasa dampaknya terutama dalam mengurai sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dan temuan itu, sudah beberapa kali di uji coba oleh anggota Komunitas Kambers di beberapa tempat di Kabupaten Gorontalo.Dan hasilnya cukup memuaskan dengan menghasilkan BBM. 

Kedepan hal ini oleh anggota Kambers sendiri akan dilakukan proses administrasinya dari segi uji coba kelayakan dan kualitas hasil produksi.

Dengan konsistenya Komunitas Kambungu Beresi di bidang Lingkungan, telah mampu menciptakan temuan baru alat pengelola Sampah plastik menjadi BBM.

Keberhasilan itu, menjadikan beberapa anggota Kambers di minta memaparkan temuanya di setiap kegiatan.

Pada kegiatan Gorontalo Development Forum 2019 yang diselenggarakan oleh Bappeda Provinsi Gorontalo yang berlangsung di salah satu hotel di Gorontalo. 

Dengan tema " Landscape for People, food and Nature yang  di hadiri oleh sejumlah pakar, peneliti dan penggiat lingkungan itu.

Menjadi momen tersendiri bagi kambers dalam mensosialisasikan bagaimana mengkonversi sampah plastik menjadi BBM, sebagai salah satu cara pengolahan sampah menjadi energi terbaru dan terbarukan, yang selaras dengan program nasional dalam hal penyelamatan lingkungan.

Sekretaris Jenderal Kambers, Saripin Tuhala lewat kesempatan itu, dalam materinya menjelaskan pirolisis.

" Pirolisis merupakan salah satu cara mengatasi bertambahnya sampah terutama sampah plastik, ".Jelas Saripin saat di temui, Kamis (21/11/19).

Nanti-nya alat temuan Komunitas Kambungu Beresi itu kedepannya akan menjadi solusi bagaimana penanganan sampah plastik.

" Dimana kita semua tau kalau plastik sulit terurai dalam tanah dan sangat berpengaruh terhadap keseimbangan lingkungan. Agar alat pengurai sampah plastik ini menjadi solusi untuk,"Sambungnya.

Sekretaris Jenderal Kambers itu menuturkan, pihaknya dalam waktu dekat juga akan melakukan koordinasi uji kelayakan alat itu, dengan PT. Migas Indonesia

" Insya Allah, kami dalam waktu dekat akan segera berkonsultasi dengan PT. Migas Indonesia "kata Saripin saat di wawancarai Gorontalo Sulut News (GOSULUT.ID).***

EDITOR : ALWIN IBRAHIM