Sekdaprov Gorontalo Apresiasi  Pada Badan Diklat Dalam Melakukan Trobosan Baru

Sekdaprov Gorontalo Apresiasi  Pada Badan Diklat Dalam Melakukan Trobosan Baru

GOSULUT.ID – Metode pembelajaran elektronik (elearning) kepada fasilitator (Widyaiswara), penyelenggara diklat manajerial, teknis dan fungsional. Mulai diperkenalkan oleh Badan Pendidkan dan Pelatihan (Diklat) Provinsi Gorontalo, Selasa (24/11/2020) di Aula badan diklat.

Apalagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat saat ini.

Menurut Kepala Badan Diklat Sofyan Ibrahim usai pembukaan kegiatan Pengembangan Kapasitas Fasilitator, Penyelenggara Diklat Manajerial, Teknis Dan Fungsional Dilingkungan Badan Diklat Provinsi Gorontalo mengatakan, hal ini sangat mendorong berbagai lembaga pendidikan dan pelatihan memanfaatkan sistem e-learning untuk meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran dan pelatihan.

“Makanya hari ini kami perkuat Widyaiswaranya, struktural dan teman teman staf penyelenggara, sehingga mereka paham tata cara e-learning untuk meningkatkan kapasitas dan kompotensi PNS di Provinsi Gorontalo,” katanya

Sofyan Ibrahim menambahkan, pelatihan berbasis e-learning akan diperkuat dengan aplikasi baru dari microsoft yakni microsoft 365. Banyak sekali keunggulan , diantaranya video conference seperti di zoom meeting, bisa melakukan absensi, evaluasi dan bisa membuat presentasi langsung di dalam aplikasi tersebut dan lain sebagainya.

“Kami mengenalkan microsoft 365 ini ke seluruh penyelenggara pelatihan. Kami berharap setelah mereka mengenali fitur microsoft 365 dalam proses pemebalajaran, e-learning ini bisa berjalan dengan lancar, karena tahun depan diklat-diklat ini akan lebih banyak dilakukan melalui metode e-learning atau latihan jarak jauh secara online,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo Darda Daraba memberikan apresiasi kepada Badan Diklat yang telah melakukan terobosan - terobosan baru. Dalam dinamika perkembangan teknologi Informasi sangat cepat, sehingga membutuhkan dukungan tenaga yang profesional. Maka pengenalan e-learning ini sangat penting terutama dalam membekali seluruh fasilitator, pengelola dan penyelenggara diklat dalam menciptakan aparatur sipil yang berkualitas, handal dan profesional dalam penyelenggara urusan pemerintahan.

Darda Daraba berharap fasilitator dan penyelenggara diklat dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai media untuk meningkatkan kapasitas diri terutama dalam penggunaan teknologi informasi pada penyelenggaraan diklat kedepan

“Ikuti dengan sebaik-baiknya, fokus dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” harapnya.***

Editor : Mnola