Sekda Boalemo : Jangan Buang Air Besar Di Sembarang Tempat

Sekda Boalemo : Jangan Buang Air Besar Di Sembarang Tempat

GOSULUT.ID – BOALEMO - Sekretaris Daerah, Husain Etango mewakili Bupati Boalemo Darwis Moridu menghadiri deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) bertempat di Desa Dulangeya, Kecamatan Botumoyito, Senin 30/12/2019.

Deklarasi tersebut di tandai dengan penandatanganan Stop BABS oleh Sekda Husain Etango, Kadis Kesehatan, Camat Botumoito, Kepala Puskesmas, para siswa-siswi dan Masyarakat desa Dulangeya dan di lanjutkan dengan peninjauan jamban di salah satu rumah warga.

Husain Etango menjelaskan, bahwa deklarasi Stop BABS merupakan salah satu upaya percepatan untuk membentuk desa sehat, di mana program ini untuk merubah prilaku masyarakat buang air besar sembarangan.

”Tujuan-nya untuk meningkatkan kesadaran  hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat. Karena hidup sehat sangat mahal serta bagi kesehatan kita sendiri,” jelas Husain Etango.

Untuk itu, Desa Dulangeya sebagai perangsang dan motivasi bagi desa lain, agar tidak lagi buang air besar di sembarangan tempat, guna meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

”Prilaku buang air besar di sembrang tempat kurang baik, maka saya  menghimbau kepada camat dan kepala puskesmas se-Kabupaten Boalemo agar dapat mewujudkan stop BABS menuju kecamatan Boalemo Sehat Secara mandiri,” tegas Sekda Boalemo.***