Retty Optimis Buah Hati Bisa Sembuh Berkat JKN-KIS

Retty Optimis Buah Hati Bisa Sembuh Berkat JKN-KIS

GOSULUT.ID - KESEHATAN -  Retty Tumbol (36)  ibu rumah tangga beranak 3 suatu ketika mengunjungi saudaranya di Kota Gorontalo, pada saat itu anaknya yang paling kecil jatuh sakit, seketika itu juga anaknya langsung dibawah ke rumah sakit terdekat.

“Saat itu anak saya langsung dirujuk ke salah satu rumah sakit di Manado untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dan setelah menjalani pemeriksaan lengkap, anak saya divonis dokter menderita penyakit jantung bocor dan harus melakukan therapy secara rutin sebelum anak saya siap untuk menjalani operasi," tutur warga Desa Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan ini.

Sebagai seorang ibu mendengar hal itu hatinya merasa hancur. Rasanya ingin menggantikan posisi sang buah hati yang masih terlalu kecil untuk mengidap penyakit tersebut. Bayangkan saja anak usia 2 tahun yang harusnya bermain dengan teman – temannya kini  harus berhadapan dengan alat- alat medis setiap minggu.

Dengan sikap tegar ia menjalani perawatan anaknya, setiap minggu harus membawa anaknya therapy  sebanyak tiga kali.

“Saya bersyukur karena sebelumnya sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat," Ungkapnya.

Retty terdaftar sebagai peserta segmen pekerja penerima upah. Gaji suaminya dipotong setiap bulan untuk membayar iuran JKN-KIS. Ia tidak pernah merasa rugi membayar iuran karena kini bisa merasakan manfaatnya.

“Saya merasakan manfaat program JKN-KIS sangatlah membantu orang yang membutuhkan pelayanan kesehatan, jika saya tidak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS tidak menutup kemungkinan saya harus mengeluarkan biaya hingga ratusan juta," terangnya.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat janganlah mengeluh jika harus membayar iuran JKN-KIS. Program ini adalah program gotong royong jadi jangan mengeluh jika sedang beramal. Yang sehat membantu yang sakit, yang sehat mendapat pahala.

 "Saya tidak akan pernah menyesal jika harus terus membayar iuran. Bisa jadi setelah anak saya dibantu oleh orang lain melalui iuran yang dibayarkan, mungkin suatu ketika saya pun akan membantu orang lain yang sedang sakit.” Tutup Retty.

 

Editor: Harso Utiarahman