RAPBD 2019 Kabupaten Gorontalo Defisit 37 Milyar Lebih

RAPBD 2019 Kabupaten Gorontalo Defisit 37 Milyar Lebih
RAPBD 2019 Kabupaten Gorontalo Defisit 37 Milyar Lebih

Limboto - gosulut.id - Rapat paripurna penetapan APBD 2019 di pimpin Ketua DPRD Sahmid Hemu yang di dampingi oleh Wakil Ketua I Irwan Dai dan Wakil Ketua II Ismail Adam, di hadiri oleh Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo beserta Sekda Hadijah U. Tayeb beserta para Asisten, para SKPD dan tamu undangan lainnya, jumat (30/11).

Dalam penyampayannya hasil kerja Badan Anggaran, di sidang paripurna melalui Ali Polapa,  pembahasan APBD 2019, telah terjadi depisit anggaran 37 Milyar lebih, guna pelaksanaan beberapa Mega Proyek,  melalui pinjaman daerah sebesar 40 Milyar. Dengan pengembalian bersumber dari silva tahun anggaran sebelumnya dan pencairan dana cadangan serta hasil penjualan kekayaan daerah yang dipisahkan.

”Depisit 37 Milyar di peruntukan, pelaksanaan penataan Shoping Centre Limboto, kelanjutan pembangunan Rumah Sakit Boliohuto dan Pelabuhan Bilato serta penyertaan modal BUMD sebesar 2 Milyar lebih” Demikian laporan hasil penelitian akhir badan anggaran DPRD Kabupaten Gorontalo atas RAPBD tahun 2019 dihadapan sidang dewan terhormat.

Setelah penyampayan perwakilan Badan Anggaran di sampaikan Ali Polapa dalam Sidang Paripurna, Ketua DPRD Sahmid Hemu mengatakan, dapat di simpulkan ,semua fraksi yang ada dalam badan anggaran telah menyetujui hasil pembahasan. Apakah semuanya setuju?

”Semua Fraksi menyatakan setuju, atas RAPBD 2019 dengan penuh semangat” Disaksikan bupati beserta jajarannya dan tamu undangan lainnya dalam sidang paripurna.   

Lanjut Sahmid Hemu saat memimpin sidang paripurna,   persetujuan ini akan di tetapkan, melalui surat keputusan DPRD dan menjadi dasar penandatangan berita acara persetujuan, bersama Pimpinan DPRD dan Bupati Kabupaten Gorontalo, tegas Sahmid dalam sidang dewan terhormat.

Sebelum penandatangan, kami mempesilahkan Sekertaris Dewan Husni Deka membacakan draf surat keputusan tentang RANPERDA APBD 2019.

Dalam Sidang Paripurna Sekertaris Dewan Husni Deka, membacakan isi draf yang akan ditandatangani, menyetujui seluruh anggaran belanja daerah 2019 yang telah disetujui bersama, kemudian sebelum rancangan anggaran di lakukan penetapan, harus di konsultasikan dengan Gubernur Gorontalo, namun apabila dalam hasil evaluasi pemerintah provinsi mengatakan, rancangan APBD, tidak berpihak pada kepentingan umum, seperti tertuang diperaturan perundang undangan lebih tinggi, maka perlu di lakukan pembahasan dan penyempurnaan kembali” Ucapnya dalam sidang dewan terhormat.

Setelah di setujui oleh seluruh fraksi dalam sidang paripurna, pimpinan DPRD dan Bupati Kabupaten Gorontalo menandatangani surat persetujuan tersebut.

Usai penandatanganan, Ketua DPRD Sahmid Hemu, mempersilahkan pada sudara Bupati Kabupaten Gorontalo dalam sambutanya, di sidang dewan terhormat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kabupaten Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo dengan santai menyapa para wakil rakyat dengan ucapan terimah kasih, sudah bekerja secara maraton, sehingga RAPBD 2019 ditetapkan (30/11).

”APBD 2019, sebetulnya pada bagian lain terjadi penurunan, seperti DAU, Dana Bagi Hasil dan  DID, namun disisi lain terjadi peningkatan, seperti Dana Desa mencapai 43 Milyar, Dana Kelurahan 50 Milyar lebih, jadi kenaikan APBD tahun ini, di banding tahun 2018 mencapai 83 Milyar” Tegas Nelson dalam sidang paripurna.

Kembali Prof. Nelson Pomalingo, memberi apresiasi bagi seluruh wakil rakyat, walaupun begitu alot pembahasan, mendapat hasil terbaik dan tepat sasaran serta berpihak pada kepentingan umum, yang dapat di rasakan oleh rakyat di daerah.

”Dalam beberapa hari kedepan, kami akan menyerahan RANPERDA APBD 2019 untuk di evaluasi oleh gubernur, sebagaimana ketentuan perundang undangan berlaku, semoga prosesnya tidak terjadi kendala saat pelaksanaannya, ada-pun masukan yang di berikan pemerintah provinsi, semata mata menciptakan keselarasan pembangunan antar daerah di Provinsi Gorontalo”Ungkap Nelson dalam sidang dewan terhormat.

Dalam Akhir sambutanya di sidang dewan terhormat, di bulan desember akan kedatangan tamu terhormat, Presiden Jokowi akan berkunjung di Kabupaten Gorontalo dalam rangka hari puncak HKSN, mari kita sukseskan secara bersama, apalagi kurang lebih 6000 orang tamu dari luar daerah datang di Provinsi Gorontalo.

”Tak lupa, saya mengucapkan selamat berjuang para wakil rakyat di Pemilihan Legislatif 2019, semoga kita semua bertemu lagi dalam pembahasan APBD 2020 nanti”Tuturnya dalam sidang dewan terhormat. (Mnt-kolonglangit)