Rakerda ESI Gorontalo, Sosialisasi Organisasi dan Satukan Persepsi Seluruh Pengurus

Rakerda ESI Gorontalo, Sosialisasi Organisasi dan Satukan Persepsi Seluruh Pengurus

GOSULUT.ID - Esport Indonesia (ESI) Gorontalo melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) bersama dengan pengurus ESI Kabupaten Kota se Provinsi Gorontalo, Sabtu (12/3/2022).

Ketua Umum ESI Gorontalo Suryono menyampaikan kegiatan rakerda merupakan sosialisasi tentang organisasi (ESI) dan mekanisme pelatihan, seleksi, sistem pertandingan, tata aturan serta perwasitan.

"Hal ini yang menjadi konsentrasi kita dalam pelaksanaan rakerda ini dan kita akan matangkan setelah itu dibuat laporan ke Pengurus Besar ESI sehingga akan dilakukan peninjauan ke sini (gorontalo), paling tidak kita sudah ada atlet yang disiapkan untuk masing-masing cabang olahraga," Sambungnya.

Dikatakan, saat ini seluruh pengurus di Kabupaten Kota telah terbentuk dan terakomodir di KONI, tinggal bagaimana program kerja dapat berjalan efektif.

"ESI baru terbentuk tahun 2020, jadi kami harus lakukan kegiatan dan pelatihan serta perlu ada bimbingan dari KONI, karena kita harus menyesuaikan berbagai aturan regulasi baik dari Kementrian Olahraga dan KONI," Jelas Suryono.

Ia menegaskan, ESI Gorontalo bertekad mempertahankan 1 medali perak yang telah diperoleh pada PON di Papua dan akan menaikkan target medali pada PON Aceh-Sumatera Utara mendatang, karena Esport secara resmi telah dipertandingkan.

"Untuk itu kita akan lakukan pelatihan-pelatihan terpusat, seleksi serta kejuaraan umum, sekolah dan mahasiswa, sehingga tidak saja di PON, ada atlet gorontalo yang bisa berprestasi di Sea Games dan Asian Games," Imbuhnya.

Sementara itu Ketua Harian 
Achmad Riza Mediansyah menambahkan, dalam waktu dekat ESI akan melaksanakan Workshop sebagai agenda penting untuk merangkul komunitas-komunitas Esport di gorontalo

"Agar kita bisa menyatukan persepsi dan tujuan untuk misi kedepan yaitu menciptakan ekosistem esport yang harus digalakkan dan melaksanakan turnamen-turnamen baik tingkat provinsi, nasional dan internasional," tuturnya.

Ketua KONI Provinsi Gorontalo yang diwakili Kabid Binpres DR. Ucok Hasian Rafiater yang hadir pada kegiatan tersebut turut mengapresiasi dan mendukung ESI Gorontalo

Ia berharap melalui rakerda ini dapat memunculkan konsep-konsep kerja kedepan sehingga ESI Gorontalo dapat melahirkan prestasi dan meningkatkan peringkat provinsi gorontalo pada PON kedepan.

"Bahkan prestasi tidak saja di PON tapi di Sea Games dan Asian Games, ini perlu pembinaan jangka panjang dan perlu lakukan langkah-langkah kongkrit secara bersama-sama oleh ketua dan pengurus-pengurus lainnya," Tandasnya.