Raker Komisi 2, Bahas Ketersediaan dan Jaringan Listrik di Provinsi Gorontalo

Raker Komisi 2, Bahas Ketersediaan dan Jaringan Listrik di Provinsi Gorontalo

GOSULUT.ID - Komisi 2 melaksanakan Rapat Kerja dengan PT. PLN UP3 Area Gorontalo dan Dinas Penanaman Modal, ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo, Senin (29/03/2021).

Ketua Komisi 2, Espin Tulie menyampaikan kepada wartawan, rapat ini menindaklanjuti hasil evaluasi dan monitoring terhadap ketersediaan dan jaringan listrik di provinsi Gorontalo diantaranya program di tahun 2019 yakni pembangunan jaringan listrik ke daerah pinogu di Kabupaten Bone Bolango dan Desa Dudepo di Kabupaten Gorontalo Utara.

Dikatakan, hingga saat ini pembangunan jaringan listrik ke Pinogu belum bisa dilaksanakan karena terkendala ijin pakai lahan dan transportasi. Kendala yang sama juga dihadapi oleh PLN ke Desa Dudepo yang wilayahnya harus melewati laut.

"Pihak PLN telah menjanjikan dan menargetkan pembangunan jaringan listrik ke daerah tersebut bisa dipastikan pada tahun ini," sambung Espin.

Menurutnya kendala ini bisa teratasi bila Pemda setempat, baik Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan Gorontalo terus mensuport, berkoordinasi dan berkolaborasi dengan PLN agar kegiatan tersebut bisa segera terlaksana.

Lebih lanjut dikatakan, masalah lainnya yang dibahas adalah rasio elektrifikasi yaitu adalah perbandingan antara jumlah rumah tangga berlistrik dan seluruh rumah tangga yang menurut laporan sejauh ini telah mencapai 97 persen.

"Harapan kami, listrik dapat dinikmati oleh Rumah tangga miskin terutama yang telah masuk dalam DTKS, apalagi pada tahun ini Dinas ESDM telah menyiapkan 450 jaringan, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik," pungkasnya.