Quota Maba Polkesgo Tahun ini Capai 480, Penerimaan Melalui SIMAMA

Quota Maba Polkesgo Tahun ini Capai 480, Penerimaan Melalui SIMAMA

GOSULUT.ID - KOTA GORONTALO - Poltekkes Kemenkes Gorontalo (Polkesgo) tahun tahun 2020 ini menyiapkan quota bagi mahasiswa baru (maba)sebanyak 480.

"Penerimaan tahun ini di buka untuk 6 Prodi, yakni 100 orang untuk DIII Keperawatan, 100 orang DIII Kebidanan, 100 orang DIII Gizi, 80 orang untuk DIII Farmasi, 40 orang DIV Gizi dan Dietetika, serta DIV Sanitasi Lingkungan," jelas Direktur Polkesgo, Dr.Dra.Heny Panai, S.Kep, Ns, M.Pd. Senin (8/6/2020).

Ia mengatakan, berbeda dengan ditahun-tahun sebelumnya, penerimaan kali melalui sistem informasi seleksi penerimaan mahasiswa baru bersama atau biasa disingkat SIMAMA.

"Ia merupakan sistem uji saringan masuk perguruan tinggi negeri Poltekkes Kemenkes yang dilaksanakan secara nasional dan terintegrasi. Jadi bila ada orang Gorontalo yang ingin kuliah di Poltekkes di luar Gorontalo bisa melalui sistem ini atau SIMAMA," ungkapnya.

Dijelaskan, melalui sistem ini, yang lulus pada penjaringan benar-benar memiliki bobot nilai yang tertinggi atau berdasarkan rangking dan urutan nilai.

Bobot nilai juga akan berlaku bagi daerah yang oleh pusat atau sistem merupakan daerah atau wilayah yang terpencil.

"Itu ada poin tersendiri," ujarnya.

Heny menambahkan, Polkesgo juga pada beberapa waktu sebelumnya telah menerima sebanyak 34 calon mahasiswa yang di buka melalui jalur penelusuran minat dan prestasi (PMDP) baik akademik dan non akademik.

"Sekitar bulan februari dan Maret kemarin, PMDP telah dilakukan, bukti-bukti prestasi yang dimiliki dilamlirkan bersama berkas pendaftaran. Jumlah tersebut sudah termasuk dalam jumlah 480 sebagai kuota yang akan kami terima pada tahun ini," terangnya.

Pengumuman melalui SIMAMA lanjut Heny, akan disampaikan sekitar akhir Juni karena sesuai kalender akademik, perkuliahan akan dimulai 13 Juli 2020. 

"Kami minta mereka untuk terus mengecek melalui website kami, dan juga menunggu informasi dari pusat sambil melihat kondisi pandemi covid-19 saat ini," tandasnya.

Editor: Harso Utiarahman