Prof.Nelson Pomalingo Sebut Pencak Silat Sarana Pembinaan Karakter

Prof.Nelson Pomalingo Sebut Pencak Silat Sarana Pembinaan Karakter

Laporan Wartawan : Alwin Ibrahim

Editor : Mnunu Tangguda

www.gosulut.id -Limboto - Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament  "Rektor Universitas Muhamadiyah Gorontalo Cup 2019", Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo selaku Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Gorontalo menegaskan,  olaraga pencak Silat tidak hanya sekedar seni,bela diri, dan tidak sekedar warisan budaya tetapi sebagai sarana pembinaan karakter, senin Gedung Indor Spot Centre Limboto, senin (09/09).

Olaraga pencak silat mulai berkembang di Provinsi Gorontalo dan merupakan sebuah warisan budaya. Selain itu di Provinsi Gorontalo olahraga semacam pencak silat yang milik luluhur Gorontalo di kenal dengan Langga.

"Di Provinsi Gorontalo khususnya Kabupaten Gorontalo sudah dibuat desa konserfasi budaya Talumelito dan olaraga pencak silat semacamnya seperti Langga," tutur Nelson Pomalingo. 

Sang Profesor menambahkan lagi, selain sering melakukan tournament di beberapa daerah dan beberapa kali mengikuti tournament di tingkat nasional. Bahkan hingga kejuaraan dunia sudah sempat diikutii walaupun bukan pada tournament bela diri. Maka ini menunjukan bahwa Provinsi Gorontalo, khususnya Kabupaten Gorontalo sudah mempunyai atlit-atlit yang berbakat.

"Pencak silat dan perguruan lainnya dapat berkembang kurang lebih ada 10 ribu juara yang ada di Gorontalo.Malah hari ini kita mengikuti Prapon, sehingga Gorontalo yang akan kita unggulkan untuk mendapatkan mendali salah satunya pencak silat,” kata Prof.Nelson Pomalingo.

Maka adanya tournament-tournament olaraga yang ada di Provinsi Goronralo, khususnya Kabupaten Gorontalo dapat berkembang lebih maju lagi.***