Prof. Nelson Pomalingo : Perpustakaan Media Sumber Ilmu

Prof. Nelson Pomalingo : Perpustakaan Media Sumber Ilmu

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Alwin Ibrahim

Editor : Ifan Ceper

 

 

 

 

GoSulut.Id –Limboto - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, ilmu tidak hanya datang dari guru, tapi juga dari berbagai informasi seperti buku-buku yang dibaca. Kalau adik-adik, masyarakat umum dan siswa sering membaca, maka ilmu akan bertambah serta semakin menguasai dunia.

”Perpustakaan merupakan sebuah media sumber ilmu, jendela ilmu,” ungkap Prof.Nelson Pomalingo, saat ditemui usai meninjau perpustakaan SMK I Limboto, rabu (08/05). 

Untuk diketahui, perpustakaan SMK I Limboto adalah perpustakaan yang berhasil meraih juara 1 Tingkat Provinsi Gorontalo dan sudah dipastikan menwakili di tingkat Nasional.

Lebih lanjut, Nelson Pomalingo menuturkan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus mendorong Perpustakaan di tingkat Kabupaten, Desa dan Sekolah, bahkan ditempat- tempat umum di wilayah daerah ini.

“Khusus SMK I, patut kita berbangga karena fasilitasnya sudah luar biasa. Perpustakaan ini punya teater mini, menggunakan IT, bahkan di sekolah ini perpustakaan ada dua, yakni perpustakan baru dan lama,” kata Nelson Pomalingo seorang guru besar, yang saat ini sebagai Bupati Kabupaten Gorontalo, hasil pilihan rakyat.

Untuk perpustakaan baru, hari ini fasiltasnya ada Foto Booth ,sehingga orang datang disini selain membaca juga senang hatinya. Nelson Pomalingo berharap, fasilitas ini terus dikembangkan dan tentu digunakan dengan baik oleh guru dan siswa-siswi.

”Kami Pemerintah Daerah mendukung apa yang telah dibuat SMK I. Semoga tidak sekedar untuk sekolah ini, tapi bagaimana membangun peradaban daerah, bangsa dan negara yang sama –sama kita cintai,” ucap Nelson Pomalingo.

Keberadaan buku-buku diperpustakaan bukan hanya diatur, namun harus dibaca.

”Kalau perlu buku-buku ini rusak, karena terus dibaca, sehingga ilmu itu sampai pada adik-adik, bahkan masyarakat umum,” ujar Nelson Pomalingo.

Diakhir penyampainnya, Prof. Nelson Pomalingo menuturkan, karena perpustakaan didaerah ini terus berkembang.

”Maka kedepan, diharapkan perpustakaan sekolah ini diperuntukan juga untuk masyarakat umum. Mungkin dapat diatur waktunya, kapan masyarakat bisa membaca,” ucap Nelson Pomalingo.

Kedepan, guna memberi ruang pada masyarakat, kalau dapat antara sekolah dan pemerintah, yakni dinas terkait.

”Melakukan MoU, sebagai salah satu cara pemberian ruang pada masyarakat.  Untuk dapat menggunakan perpustakaan sekolah, dengan cara mengatur waktunya,” tutur Nelson Pomalingo.

Secara terpisah Kepala Sekolah SMK I Limboto, Sumitro K Panto, M.Pd menegaskan, keterwakilan SMK I sebagai Juara 1  di tingkat Provinsi Gorontalo, bahkan akan mewakili daerah ditingkat Nasional.

Adapun program-program yang dijalankan Perpustakaan Bersahabat, sangat erat hubungannya dengan peserta didik.

”Diataranya adalah adanya lomba sudut indah, setiap pagi ada program literasi, ada berhubungan kewirausahaan. Seperti contoh program menyulam karawo dan kerajinan- kerajinan lain dikerjakan anak-anak,” Sambung-nya.

Jadi, program litersi di SMK I limboto ini setiap jumat dilaksanakan. Kemudian program literasi ini juga membuat berbagai lomba. Di-antara-nya lomba berpidato, lomba bercerita pendek bagi anak-anak,” tutur Sumitro K Panto.***