Prof. Nelson Pomalingo : Festival Bunaken  Mirip Festival Danau Limboto

Prof. Nelson Pomalingo : Festival Bunaken  Mirip Festival Danau Limboto

Liputan Wartawan : Alwin Ibrahim

Editor : Mnunu Tanggguda

 

 

 

GoSulut.ID - Limboto - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mendapatkan kehormatan untuk menyampaikan pesan dan kesan terkait Festival Pesona Bunaken yang digelar pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Dalam kesempatan itu, Prof. Nelson Pomalingo menyampaikan, dirinya dan pemerintah Kabupaten Gorontalo sangat mengapresiasi apa yang dilakukan pemerintah Sulawesi Utara.

”Manado ini kan merupakan pintu gerbang Pariwisata Indonesia Timur, sehingga Saya yakin dengan adanya kegiatan ini dapat mengangkat potensi pariwisata dan potensi lainnya, tidak hanya di sulut saja tetapi juga daerah lain di indonesia timur, termasuk juga Gorontalo,”kata Prof.Nelson Pomalingo mengawali sambutannya pada acara yang dilaksanakan di manado town square, kamis (18/07).

Prof Nelson Pomalingo berharap,  kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, lebih semarak dan lebih variatif lagi.

”Pemerintah Kabupaten Gorontalo sangat bangga dapat turut serta dalam event tahunan pemda Sulut tersebut. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh Sulawesi Utara dan Gorontalo saja, tetapi juga ada yang dari jawa, tentunya hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami,”Sambungnya.

Prof. Nelson Pomalingo membeberkan, icon icon kebanggaan bumi serambi madinah tersebut dalam menunjang sector pariwisata.

”Baju kerawang, kemudian kopiah keranjang dan bahkan hari ini kami juga tengah mendorong kerajinan kopiah eceng gondok, kebetulan kami punya danau limboto yang sudah dipenuhi eceng gondok, sehingga bagaimana eceng gondok ini dapat bernilai ekonomis,” Tambahnya.

Prof.Nelson Pomalingo dalam kesempatan itu memperkenalkan Kuliner Khas Gorontalo, seperti binthe biluhuta, serta tak ketinggalan destinasi wisata andalan Kabupaten Gorontalo,Pentadio Resort serta berbagai tempat wisata lainnya termasuk Hutan Pinus Dulamayo yang ramai dikunjungi ribuan pengunjung tiap akhir pekan serta Menara Pakaya Tower yang mirip seperti menara eiffel di paris.

”Selaku adik kandung dari Sulawesi Utara, tentunya berharap dapat merasakan kemajuan yang dialami oleh daerah ini. Tentunya kami berharap dapat terjadi sirkulasi pariwisata tidak hanya antara Gorontalo dan Sulawesi Utara, tetapi juga daerah daerah lain di Indonesia,”jelas Nelson Pomalingo.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga punya event tahunan yang mirip dengan festival Pesona  bunaken (FPB)  yaitu festival pesona danau limboto, (FPDL) ,yang rutin digelar setahun sekali.

”festival ini akan kami gelar pada akhir september, mudah mudahan kami akan mengundang seluruh daerah termasuk juga bolaang mongondow yang saya lihat hadir hari ini untuk turut berpartisipasi meramaikan,”tegas Nelson Pomalingo.***