Prof Nelson Pomalingo Produksi Pangan Harus Di Penuhi

Prof Nelson Pomalingo Produksi Pangan Harus Di Penuhi
Prof Nelson Pomalingo Produksi Pangan Harus Di Penuhi

Limboto – gosulut.id - Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo meminta dalam mewujudkan ketahanan pangan ada 3 hal yang harus diperhatikan. Pertama, kebutuhan pangan, kedua, distribusi pangan dan ketiga, produksi pangan.

"Tiga hal tersebut harus terpenuhi, guna mewujudkan ketahanan pangan," Pinta Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat membuka rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP), di ruang rapat Dinas Ketahanan Pangan, Kamis (15/11).

Prof Nelson Pomalingo yang juga selaku ketua  Dewan Ketahahan Pangan Kabupaten Gorontalo menerangkan, Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Gorontalo sebagai bagian dari ketahanan pangan nasional.

"Kita mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Gorontalo merupakan bagian dari mewujudkan ketahanan pangan nasional," Urai Nelson 

Menurut Nelson, dalam mewujudkan ketahanan pangan, tentunya melewati berbagai tantangan, antara lain bertambahnya jumlah penduduk, lahan pertanian semakin menurun, industri yang mengakibatkan konversi lahan, iklim, serta tantangan global.

"Laju permintaan pangan yang meningkat, sejalan dengan laju pertumbuhan penduduk, pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat, hal ini yang menyebabkan kebutuhan pangan meningkat dengan cepat. Kemudian perubahan iklim, cuaca  tidak menentu, alih fungsi lahan merupakan permasalahan yang saat ini sedang kita hadapi. Dengan adanya kondisi seperti ini pemerintah telah menetapkan pembangunan ketahanan pangan sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional yang diitegrasikan ke dalam pembangunan daerah," Jelas Nelson.

Untuk itu, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Gorontalo,dibutuhkan sinergitas dan koordinasi program dari lintas sektor terutama dinas terkait, lembaga dan pemangku kepentingan yang tergabung dalam wadah Dewan Ketahanan Pangan.

Sehingga peran jajaran DKP dalam mengarahkan, merumuskan serta mengawal impelemtasi kebijakan ketahanan pangan untuk  mewujudkan ketahanan pangan." Guna mendorong keikut sertaan masyarakat dalam penyelenggaraan ketahanan pangan, serta evaluasi pelaksanaan program ketahanan pangan di daerah setiap saat," Tandas Nelson 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gorontalo dalam laporannya mengatakan, adapun tujuan rapat koordinasi DKP ini, salah satunya adalah untuk merapatkan barisan dalam mempertahankan pangan bagi masyarakat indonesia secara umumnya dan khususnya ketahanan pangan untuk masyarakat Kabupaten Gorontalo, melindungi dan mensejahterakan masyarakat agar dalam posisi aman dikonsumsi dan juga program B2SA tercapai dan gemilang pada periode Bupati 2016-2021," Ucapnya

Nani Mokodongan yang juga selaku Sekertaris Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Gorontalo menambahkan,dalam kegiatan ini, adalah tugas dinas ketahanan pangan sebagai sekertaris untuk melaksanakan rapat ditingkat Kabupaten dan dipimpin langsung oleh Bupati serta dihadiri pejabat-pejabat terkait, pimpinan OPD, masyarakat serta unsur-unsur lain terkait ketahanan pangan di Kabupaten Gorontalo.

"Yang akan dibahas yakni tindak lanjut rapat DKP tingkat Provinsi termasuk menjaring isu dan masukan tentang ketahanan pangan Kabupaten Gorontalo, dimana hasil rakor akan disampaikan ketua harian DKP melalui dinas ketahanan pangan pada Bupati Gorontalo," ujarnya.

Adapun tindak lanjut dari rapat ini, pihaknya akan membentuk kelompok kerja DKP Kabupaten yang tugasnya antara lain, memberikan, memasukan dan menyiapkan rumusan kebijakan pembangunan pangan, menyampaikan informasi aktual mengenai status ketahanan pangan dari sisi masyarakat, melakukan analisis, memasukan kebijakan program penanganan pangan dan gizi kepada bupati selaku ketua DKP Kabupaten Gorontalo serta juga membantu mengevaluasi inplemetasi program DKP yang dilaksanakan.

"Oleh sebab itu, saya selaku seketaris DKP juga merangkap kepala dinas dibantu sekertariat DKP Kabupaten Gorontalo yang secara kedinasan bahwa tugas seketariat yakni menyusun program DKP, menyiapkan bahan dan referensi untuk penyusunan kebijakan pimpinan daerah dalam hal ini bupati, menyiapkan draft bahan rapat koordinasi, makalah, tayangan  dan sambutan, serta menganalisis data dan informasi yang akurat yang dibtuhkan DKP Kabupaten Gorontalo dalam pencapaian sasaran pangan wilayah," ujar Nani Mokodongan. (ih-03)